Kelakar Abdul Mu'ti: Pak Mahfud MD Ini NU Tapi Deklarasi Dirinya Muhammadiyah

Pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud menghadiri Dialog Muhammadiyah di UMJ
Sumber :
  • Dok Muhammadiyah

Jakarta - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti, melempar guyonan kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD selaku capres-cawapres. Itu terjadi saat acara dialog publik Muhammadiyah bersama Ganjar-Mahfud, di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Awalnya, Mu'ti berguyon kepada Ganjar. Dia mengatakan banyak orang yang belum tahu arti nama Ganjar. Arti nama mantan Gubernur Jawa Tengah itu tidak tertera di kamus bahasa Arab, tapi ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

"Saya mencoba mencari nama Pak Ganjar di kamus bahasa Arab itu enggak ada. Saya ketemu nama Pak Ganjar justru di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang artinya Ganjar itu artinya hadiah, berkah, pahala," kata Mu’ti di UMJ, Tangerang Selatan, Kamis, 23 November 2023.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Ia kemudian memuji Ganjar, karena arti nama tersebut. Mu'ti lantas mengatakan Ganjar akan menjadi berkah bagi Indonesia bila terpilih sebagai Presiden RI.

"Sehingga kalau beliau ditakdirkan ulang menjadi Presiden maka beliau adalah hadiah dan berkah bagi bangsa Indonesia," kata dia.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

MD Sebutan Untuk Muhammadiyah

Cawapres nomor urut 03 Mahfud MD di acara Dialog Muhammadiyah di UMJ

Photo :
  • tvMU

Tak hanya ke Ganjar, Mu'ti yang juga dikenal suka guyon, melempar guyonan kepada Mahfud MD. Ia berkelakar Mahfud malah mendeklarasikan dirinya sebagai Muhammadiyah. Walau semua orang tahu kalau Menkopolhukam itu adalah kader Nahdlatul Ulama (NU).

"Saya tahu persis Pak Mahfud ini NU, tapi mendeklarasikan dirinya MD (Mahfud MD). Jadi di kampung saya di Kudus itu, kalau Nahdlatul Ulama disingkat NU, kalau Muhammadiyah disingkat MD. Bapak Mahfud ini NU, tapi deklarasi Muhammadiyah, ini luar biasa," kata berkelakar.

Guyonan itu disampaikan Mu’ti karena nama panjang Mahfud diakhiri MD, yakni Mahfud MD. Tidak hanya itu. Mu'ti juga menyoroti Mahfud yang begitu hafal dengan lagu Mars Muhammadiyah yakni Sang Surya. Memang, usai lagu Indonesia Raya diputarkan juga lagu Sang Surya, dan Mahfud terlihat lancar melafazkannya. Bahkan menurut Mu'ti, eks Ketua Mahkamah Konstitusi atau MK itu juga menghayati saat Sang Surya dikumandangkan.

"Saya yang Sekum Muhammadiyah aja enggak berani menyebut diri saya MD (tertawa). Bapak Mahfud terang-terangan nyebut dirinya MD. Maka Pak Haedar (Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir) pas saya nyanyi dengan Pak Mahfud itu, beliau menghayati lagu Sang Surya [Mars Muhammadiyah], melebihi saya yang menyanyinya itu. Luar biasa itu," ucap dia.

Mu’ti melanjutkan kelakarnya, agar 'MD' di belakang nama Mahfud itu tidak hilang jika menang di Pilpres 2024.

"Insya Allah kalau beliau ini terpilih jadi Wakil Presiden juga MD-nya tidak hilang," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya