Hujan Seharian, Bogor Dikepung Banjir dan Mati Listrik

Banjir di Bogor akibat hujan seharian
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR.

Bogor – Wilayah Bogor dikepung banjir akibat hujan ekstrem yang terjadi sejak kemarin sore hingga Kamis pagi, 30 November 2023. Banjir terjadi di sejumlah titik pemukiman di Kota dan Kabupaten Bogor.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas mengatakan, laporan bencana yang masuk hari Rabu, 29 November 2023 sampai dengan Kamis, 30 November 2023 ke Pusdalops-PB BPBD Kota Bogor terdapat 13 titik bencana.

"Total Laporan Masuk Hari Ini  13 Kejadian. Dengan rincian tanah longsor  4 kejadian. Kejadian pohon tumbang 1 Kejadian. Banjir Lintasan 6 Kejadian. Dan bangunan Ambruk 2 Kejadian," kata Teo.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

13 titik bencana tersebut adalah:

1). Tanah Longsor (Susulan) di wilayah Kampung Jawa RT 002/RW 007 , Kel.Situgede , Kec.Bogor Barat.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

2). Banjir Lintasan di wilayah Komplek Kedung Badak Baru Jalan Kekal No.01 RT 009/RW 006 , Kel.Kedung Badak , Kec.Tanah Sareal.

3). Pohon Tumbang di wilayah Villa Bogor Indah (VBI), dekat Terminal Biskita Transpakuan Ciparigi RT 001/RW 012 , Kel.Ciparigi , Kec.Bogor Utara.

4). Bangunan Ambruk di wilayah Warung Bandrek RT 001/RW 005 , Kel.Bondongan , Kec.Bogor Selatan.

5). Bangunan Ambruk di wilayah Kampung Panaragan Penggilingan RT 003/RW 006 , Kel.Panaragan , Kec.Bogor Tengah.

6). Tanah Longsor di wilayah Gang Kopem RT 001/RW 003 , Kel.Cibuluh , Kec.Bogor Utara.

7). Tanah Longsor di wilayah Panaragan Pojok RT 001/RW 007 , Kel.Panaragan , Kec.Bogor Tengah.

8). Tanah Longsor di wilayah Panaragan Pojok RT 002/RW 007 , Kel.Panaragan , Kec.Bogor Tengah.

9). Banjir Lintasan di wilayah Panaragan Pojok RT 003/RW 007 , Kel.Panaragan , Kec.Bogor Tengah.

10). Banjir Lintasan di wilayah Kampung Pulo Empang RT 001, 002, 003, 004/RW 005 , Kel.Paledang , Kec.Bogor Tengah.

11). Banjir Lintasan di wilayah Kampung Ciheuleut RT 002/RW 006 , Kel.Cibuluh , Kec.Bogor Utara.

12). Banjir Lintasan di wilayah Kampung Babakan Poncol RT 001/RW 002 , Kel.Ciluar , Kec.Bogor Utara.

13). Banjir Lintasan di wilayah Kampung Sindangsari RT 004 , RT 006/RW 007 . Kel.Kebon Kalapa , Kec.Bogor Tengah.

Jumlah Rumah Terdampak yang mengalami kerusakan 20 dan Jumlah rumah terendam banjir lintasan 331 rumah,  jumlah KK terdampak 132 KK dengan jumlah jiwa 488 jiwa dan korban mengungsi 6 KK dengan 24 jiwa.

"Seluruh laporan kejadian diatas sudah selesai di assessment oleh Personil TRC-PB BPBD Kota Bogor. Untuk kejadian tanah longsor pihak BPBD Kota Bogor sudah memberikan bantuan berupa terpal serta pemasangan terpal di lokasi kejadian," jelasnya.

Pemukiman di Dramaga Bogor Terendam Banjir

Banjir di Bogor akibat hujan seharian

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR.

Mengakibatkan sungai Cirawa Kalong Di Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Jawa Barat meluap dan merendam rumah warga di perumahan Bumi Kartika Dramaga Kabupaten Bogor.

Di lokasi ini sebanyak 70 Rumah yang terendam dari seluruhnya 150 rumah, air meluap hingga setinggi pinggang orang dewasa.

"Kejadianya tiba-tiba pada sata hujan deras magrib tadi, lalu air sungai Cirawa Kalong meluap dan masuk ke pemukiman warga di perumahan ini sekitar 70 rumah yang terendam dari 150 rumah yang ada," kata Samsul salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir.

Banjir di Bogor akibat hujan seharian

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR.

Sementara di wilayah tetangganya Kabupaten Bogor, warga Mengalami Pemadaman Listrik Dalam kondisi hujan besar, warga di beberapa titik di Bogor mengalami pemadaman listrik. Akibat gangguan pembangkit listrik, tiga kota yakni Cianjur, Bogor, dan Sukabumi mengalami pemadaman. PLN terus melakukan koordinasi untuk pemulihan kelistrikan berdampak gangguan di Cianjur dan sekitarnya akibat gangguan di sisi Pembangkit.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia memohon maaf atas pemadaman yang terjadi di tiga kota. Saat ini petugas tengah melakukan pemulihan di pusat gardu.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” katanya dalam siaran persnya, 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya