Terpopuler: Debat Panas Rocky Vs Andre hingga Pengakuan Fachrul Razi

Deklarasi kampanye pemilu damai 2024
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Hasil polling VIVA menunjukkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bertengger pada posisi pertama.

JK Tegaskan Tak Bawa-bawa Golkar Jika Bertemu Megawati: Saya Sebagai Jusuf Kalla

Sementara posisi kedua ditempati pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Kemudian pada posisi ketiga yaitu pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Berita tentang hasil polling VIVA mengenai capres-cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tersebut menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Senin, 4 Desember 2024.

Isu Bakal Temui Megawati, Jusuf Kalla: Kita Selalu Bertemu di Hati

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selanjutnya ada berita tentang debat panas antara politikus Gerindra Andre Rosiade dengan pengamat politik Rocky Gerung yang juga banyak membesut animo pembaca VIVA.

Laporan TPDI soal Ketua KPU dan Komisionernya Terkait Sirekap Ditolak Bareskrim

Sementara dari luar negeri, berita tentang perang antara Israel dengan Hamas banyak menarik perhatian pembaca. Jika perang antara mereka berlanjut banyak yang menilai bisa terjadi Perang Dunia 3.

Tak hanya berita-berita tersebut, sejumlah berita lainnya pun menarik perhatian pembaca. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Senin, 4 Desember 2024 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Anies-Cak Imin Tertinggi Jauh Tinggalkan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud, Hasil Poling VIVA

Hingga 72 hari jelang Pilres 2024 pada 14 Februari 2024, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau AMIN, paling banyak dipilih dalam poling yang digelar oleh VIVA. Pasangan ini jauh meninggalkan lawannya, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di urutan kedua. 

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

Photo :
  • Biro Setpres

Hasil sementara poling, menempatkan pasangan yang diusung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, pada urutan ketiga atau paling buncit.

Hingga Minggu 3 Desember 2023, voters yang memilih AMIN sebanyak 30.291 suara. Jumlah yang memilih pasangan Koalisi Perubahan tersebut, terpantau sudah bertengger di urutan pertama poling sejak mulai dibuka. Belakangan voters semakin banyak memilih mereka. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Ini 6 Negara yang Bakal Selamat Jika Perang Dunia 3 Meledak, Indonesia Gimana?

Gencatan senjata antara Hamas dan Israel telah berakhir sejak akhir pekan lalu, negara Yahudi itu pun kini langsung menggempur Gaza. Ratusan warga sipil tercatat meninggal dunia usai invasi Israel tersebut dilanjutkan oleh Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. 

Benjamin Netanyahu bahkan mengancam bahwa pihaknya bakal menghancurkan Hamas yang kini menjadi penguasa di wilayah Gaza. Netanyahu mengatakan bahwa Israel telah bertempur sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional dan perang tersebut akan panjang.  

Namun, banyak yang menilai jika perang ini masih berlanjut, maka Perang Dunia 3 bisa terjadi. Apalagi, keadaan itu diperparah dengan perang Rusia-Ukraina yang sampai saat ini masih berkecamuk. Investor Amerika Bill Ackman menilai bahwa Perang Dunia 3 sudah dimulai. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Debat Panas! Rocky Gerung Vs Andre Rosiade: Anda di Bawah Standar, Ngapain di Sini Coba?

Pengamat politik Rocky Gerung terlibat perdebatan dengan politikus Partai Gerindra Andre Rosiade terkait Jokowi yang memberantakan demokrasi. Rocky tak setuju dengan argumen Andre soal Jokowi merawat demokrasi.

Debat Andre Rosiade dengan Rocky Gerung di Indonesia Lawyers Club

Photo :
  • YouTube Indonesia Lawyers Club

Perdebatan mereka berdua terjadi di acara Indonesia Lawyers Club yang dipandu jurnalis senior Karni Ilyas. Rocky yang dapat giliran terakhir bicara menyinggung paparan Andre. 

Ia mengawali ceritanya soal pengalamannya yang pernah di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dengan jadi penasihat politik Adnan Buyung Nasution. Dia mengaku di era Orde Baru atau Orba, diskusi di LBH selalu dibubarkan aparat. Namun, menurut dia, pembubaran itu sah karena merujuk Undang-Undang di era Orba. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Fachrul Razi Ngaku Dipecat Karena Tolak Bubarkan FPI, Gus Yaqut Tegaskan Hal Ini

Presiden Joko Widodo melantik Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) pada 22 Desember 2020, menggantikan Jenderal Fachrul Razi. Staf Khusus Menag bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menegaskan Gus Yaqut mendapat mandat untuk memperbaiki tata kelola Kementerian Agama.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • Kemenag

"Dilantik sebagai Menteri Agama, Gus Yaqut mendapat mandat untuk melanjutkan agenda reformasi birokrasi guna memperbaiki tata kelola Kementerian Agama," tegas Wibowo di Jakarta, Senin 4 Desember 2023.

Wibowo mengatakan, Kemenag adalah kementerian dengan satuan kerja (satker) terbesar, lebih 4.000 satker. Untuk itu, dibutuhkan kepemimpinan yang segar, tangkas, dan bisa bergerak cepat. Apalagi, perbaikan tata kelola kementerian ini membutuhkan langkah-langkah akselerasi terukur. baca berita selengkapnya di sini.

5. 4 Fakta Meninggalnya Mantan Kepala BNPB Doni Monardo

Mantan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Purn Doni Monardo dikabarkan meninggal dunia pada pukul 17.35 WIB, pada Minggu kemarin, 3 Desember 2023.

Doni Monardo, yang merupakan mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, sempat dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi, Jakarta. Sejumlah pejabat sempat menjenguk Doni di rumah sakit, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Baca berita selengkapnya di sini..


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya