Trafo PLTU Muara Karang Sudah 10 Kali Meledak

Dahlan Iskan
Sumber :
  • perskita.wordpress.com

VIVAnews - Dua trafo berkekuatan 800 megawatt milik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Muara Karang yang meledak sudah diperbaiki. Peristiwa ini bukan pertama kali terjadi.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

"Peristiwa ini sudah sepuluh kali terjadi selama lima tahun terakhir," kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan usai melaporkan harta kekayaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Jumat 23 Juli 2010.

Menurut Dahlan, saat ini tim investigasi internal masih mengumpulkan data-data penyebab utama ledakan.  "Hasil investigasinya seminggu lagi baru bisa diketahui," ujar pengusaha media ini.

Hasil sementara diketahui bahwa bagian CT (Current Transformer) pada trafo yang meledak. Berat CT itu mencapai sekitar 230 kilogram.

"Ledakannya itu memecahkan isolasinya yang terbuat dari keramik. Selain itu juga memecahkan jendela-jendela kantor PLN sekitarnya, juga memecahkan alat-alat PLN sekitarnya. Termasuk memecahkan trafo sebelahnya," ujar dia.

Akibat ledakan ini, sebagian wilayah Jakarta padam. "800 megawatt yang hilang itu setara dengan 16 persen wilayah Jakarta yang hilang," kata dia.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang
Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024