Operasi SAR Erupsi Gunung Marapi Resmi Berakhir

Petugas mengevakuasi jenazah korban erupsi Gunung Marapi di Nagari Batu Plano, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, untuk diidentifikasi Rumah Sakit Dr Achmad Mochtar, Bukittinggi, Selasa, 5 Desember 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Sumatera Barat – Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto menyebut operasi SAR erupsi Marapi, Rabu malam 6 Desember 2023 resmi ditutup. Temuan jenazah atas nama Siska Arfina pada sore tadi, merupakan temuan korban terakhir. Ia memastikan jika kondisi gunung Marapi saat ini sudah clear.  

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

"Setengah 3 sore kami temukan Jenazah atas nama Siska. Ini yang terakhir, tidak ada lagi. Jenazah sudah dibawa ke rumah sakit,” kata Brigjen Pol Edi Mardianto, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Brigjen Pol Edi Mardianto bilang, kemungkinan adanya pendaki yang masuk dari pintu ilegal atau tidak terdata yang terjebak saat erupsi Marapi terjadi juga sudah terkonfirmasi tidak ada. Sehingga area puncak gunung saat ini sudah clear.

Tak Sudi Dicoret KPU, Irman Gusman Ajukan Sengketa ke MK Minta Pileg DPD di Sumbar Diulang

Erupsi yang terjadi di Gunung Marapi di Sumatera Barat, Minggu (4/6/2017)

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

“Yang hilang atau yang tidak terdata ternyata sudah clear semua. Sudah clear, untuk di puncak sudah clear, tidak ada jenazah maupun orang yang masih hidup, tidak ada,” ujarnya.

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

Kondisi pascahujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Minggu, 3 Desember 2023.

Photo :
  • Pusdalops BPBD Kabupaten Agam

Ia merinci, total keseluruhan pendaki yang terdata pada sistem pemesanan tiket online waktu peristiwa terjadi, ada sebanyak 75 orang. 52 pendaki di antaranya selamat dan 23 pendaki dinyatakan meninggal dunia.

"Dengan demikian operasi SAR pencarian korban erupsi resmi dihentikan. Proses evakuasi dan pencarian korban pasca-erupsi Gunung Marapi secara resmi kami hentikan,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya