Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Ingin Atasi Masalah Papua Tanpa Letusan Senjata

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Kapolri kunjungan ke Papua
Sumber :
  • Puspen TNI

Papua – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyoroti permasalahan di Papua belum selesai selama 62 tahun. Menurutnya, perlu adanya upaya penyelesaian yang komprehensif dan terintegratif sehingga tidak perlu ada letusan senjata.

Lepas 13 Teman Seangkatan Akpol 91 Pensiun, Irjen Iqbal Kenang saat Jadi Taruna

Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat memberikan arahan kepada prajurit TNI dan Polri di Markas Kodam XVII/Cendrawasih, Papua, Jumat, 8 Desember 2023. Dalam pertemuan tersebut, Panglima TNI didampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Konsep ini harus terintegratif antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, tentunya perlu adanya koordinasi yang baik, disesuaikan dengan kearifan lokal seperti yang sudah disampaikan oleh Kapolda, tidak ada letusan," kata Panglima TNI

Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Kapolri kunjungan ke Papua

Photo :
  • Puspen TNI

Jenderal Agus Subiyanto juga menegaskan kepada Komandan Satuan (Dansat) agar dapat melaksanakan koordinasi dengan berbagai institusi baik Polri maupun lembaga pemerintahan. 

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

"Laksanakan koordinasi yang baik, tujuannya adalah masalah Papua selesai dan masyarakat Papua sejahtera," jelasnya.

Panglima TNI juga mengapresiasi pelaksanaan tugas Prajurit TNI dan Polri dalam menjaga Papua. "Saya juga mengucapkan terima kasih apa yang sudah dilakukan oleh personel TNI-Polri, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)nya masing-masing, sehingga Papua masih ada di dalam bingkai NKRI," ungkapnya

Diketahui, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Kapolri Jenderal Polisi  Listyo Sigit Prabowo, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua pada Jumat 8 Desember 2023. 

Kunjungan dua jenderal tersebut untuk mendengarkan paparan situasi terkini di wilayah Papua oleh Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua, serta memberikan Pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri, dan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Kapolri kunjungan ke Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Agenda ini terbagi di dua lokasi, yakni Kodam XVII/Cenderawasih dan Mako Lantamal X Jayapura.

Kunjungan ke Papua ini menjadi wilayah pertama bagi Jenderal TNI Agus Subiyanto ke Provinsi Papua setelah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada 22 November 2023.

Selain itu, kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai langkah strategis Panglima TNI dan Kapolri untuk meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dalam menjaga kelancaran dan keamanan menjelang Pemilu 2024. 

Hal ini sejalan dengan komitmen yang disampaikan Panglima TNI dalam kunjungannya ke Mabes Polri sebelumnya.

Dalam rangkaian kegiatan di Papua tersebut, Panglima TNI juga melaksanakan peninjauan Bhakti Kesehatan, Deklarasi Pemilu Damai, Penyerahan Paket Natal kepada Tokoh Adat dan Penyerahan Sembako kepada perwakilan masyarakat bertempat di Lantamal X Jayapura.

Panglima TNI juga memberikan bantuan kepada anak-anak keluarga prajurit TNI dan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan taktis lapis baja ILSV APC 4.5L kepada Komandan Sektor (Dansektor) Barat dan Timur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya