Survei PatraData: Prabowo-Gibran Unggul di Pulau Jawa, Dibayangi Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Lembaga survei PatraData melansir hasil survei terbaru yang dilaksanakan pada 1-5 Desember 2023 di Pulau Jawa. Hasilnya menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan angka 37,5 persen.

Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

Untuk pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 31,8 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 26,7 persen. Sedangkan responden yang masih belum menentukan pilihan adalah 4,1 persen.

“Temuan survei kita memasuki awal masa kampanye, pasangan Prabowo-Gibran unggul dari pasangan Ganjar-Mahfud dengan selisih 5,7 persen dan disusul Ganjar-Mahfud di urutan kedua selisih 5,1 persen dari pasangan Anies-Muhaimin," ujar Manajer Riset PatraData Rezki Adminanda dalam keterangannya, Senin, 11 Desember 2023.

Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu

Deklarasi kampanye pemilu damai 2024

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Rezki mengatakan, pihaknya belum melihat dominasi yang terlalu jauh di antara ketiga pasangan calon presiden tersebut. "Ini membuktikan bahwa akan terus terjadi persaingan yang ketat dalam hal perebutan lumbung suara di Pulau Jawa sebagai pulau penentu kemenangan dalam kontestasi pemilihan presiden, jika kita cermati dari pilpres-pilpres sebelumnya," ujarnya.

Tanggapi Luhut, Jusuf Kalla: Saya Tidak Mengerti Toxic

Sementara temuan survei PatraData untuk capres menunjukkan, Prabowo Subianto unggul dengan 36,3 persen, Ganjar Pranowo dengan 31,4 persen dan Anies Baswedan dengan 26,6 persen. Sementara itu terdapat 5,7 persen responden yang belum menentukan pilihan.

Adapun untuk simulasi dua nama calon presiden 2024 secara head to head di Pulau Jawa, yaitu jika Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan, memunculkan nama calon presiden 2024 Anies Baswedan unggul dengan 43,4 persen sedangkan Ganjar Pranowo dengan 40,3 persen. Kemudian terdapat 16,3 persen responden menjawab tidak tahu/ tidak jawab.

Selanjutnya pada simulasi head to head Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menunjukkan Prabowo unggul 62,4 persen, sedangkan Anies Baswedan 27,2 persen. Sementara jika Prabowo Subianto head to head dengan Ganjar Pranowo, capres Prabowo unggul dengan angka 63,3 persen dan Ganjar Pranowo memperoleh 23,4 persen.

Hasil berbeda ditemukan pada simulasi nama calon wakil presiden. Keterpilihan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden lebih tinggi dari calon wakil presiden lainnya, yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar.  "Temuan kita menunjukkan bahwa Mahfud MD unggul dengan 35,8 persen dari Gibran Rakabuming Raka dengan 31,3 persen, disusul Muhaimin Iskandar dengan 25,4 persen,” ujar Rezki.

Survei telepon dilakukan pada sampel responden Pulau Jawa yang dipilih secara acak, dari kumpulan data base nomor telepon yang dimiliki oleh PatraData. 

Menggunakan asumsi simple random sampling, jumlah responden 1.200 memiliki toleransi kesalahan (margin of error – MoE) sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Selanjutnya Quality Control dilakukan dengan menelepon ulang responden (call back) sebanyak 20 persen dari total sampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya