Lagi, 50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh

50 Imigran Rohingya Mendarat di Aceh
Sumber :
  • Antara

Aceh – Sebanyak 50 imigran Rohingya secara diam-diam masuk ke Desa Seuneubok Baroh, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kapolres aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah mengatakan bahwa keberadaan mereka diketahui pada Kamis, 14 Desember 2023 sekitar pukul 03.45 WIB.

Pengungsi Rohingya di Tugu Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi
Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

“Informasi yang kami dapatkan menyebut, mereka diturunkan dari sebuah kapal di Pantai Kuala Idi Cut,” ujar Andy dikutip dari Antara, Kamis 14 Desember 2023.

“(Setelah turun dari kapal) mereka lari dan bersembunyi di semak-semak hingga akhirnya ditemukan,” sambungnya.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Andy mengungkap, semula imigran Rohingya yang ditemukan hanya berjumlah 43 orang. Namun, setelah dilakukan penyisiran di sepanjang pantai, ditemukan 7 orang lagi.

“Saat ini mereka yang seluruhnya laki-laki itu diamankan di tempat pelelangan ikan (TPI) Idi Cut,” ungkapnya

Hingga kini belum diketahui rencana Pemerintah daerah (Pemda) terkait persoalan imigran Rohingya yang terus berdatangan ke Aceh.

Adapun, tindak lanjut keberadaan mereka di Negeri Serambi Mekah itu masih menungu hasil koordinasi dengan pihak UNHCR, selaku lembaga internasional yang mengurusi pengungsi lintas negara.

Pengungsi Rohingya di Tugu Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

Sebagai informasi, kedatangan para imigran Rohingya ini ke Aceh telah berlangsung sejak pertengahan November 2023. Sebelum ke Aceh Timur, mereka telah lebih dulu mendarat di Kota Sabang, Kabupaten Aceh dan Kabupaten Pidie.

Hingga kini, sekitar 1.734 oran imigran Rohingya berada di Aceh. mereka ditampung di sejumlah lokasi di wilayah paling ujung barat Indonesia tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya