Ini Lokasi yang Bakal Dipelototi Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pembangunan girder jembatan KM 158 Tol Cipali.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan ada beberapa tempat yang harus menjadi perhatian serius dan detail dalam rangka pengamanan libur natal 2023 dan tahun baru 2024, yaitu Tol Cipali, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan Bali.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

“Dapat kami jelaskan di Cipali, Alhamdulillah bersama stakeholder Korlantas, Jasa Marga kita sudah memiliki satu sistem yang bisa mengantisipasi jumlah-jumlah yang akan bergerak di satu tempat. Sehingga, kebijakan-kebijakan yang sudah kita tetapkan dan menjadi kewenangan Polri untuk menerapkan bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan pada Selasa, 19 Desember 2023.

Menurut dia, situasi Pelabuhan Merak sementara ini Alhamdulillah masih terpantau dengan baik. Rencananya, Budi Karya akan meninjau Pelabuhan Merak pada lusa. “Merak baik dibantu Ciwandan. Ciwandan itu digunakan untuk truk-truk besar golongan 8. Jadi jangan salah, kalau truk golongan 8 jangan ke Merak tapi ke Ciwandan. Sehingga, Merak akan lebih baik,” jelas dia.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Truk memadati Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yandi Deslatama (Serang)

Kemudian, Budi Karya mengatakan Pelabuhan Ketapang juga sudah ada tambahan dua pelabuhan dan tambahan dua tempat penampungan. Sehingga, kata dia, tidak terjadi suatu kemacetan dan jumlah kapal juga ditambah menjadi lima unit. “Soetta sudah beberapa hari ini penerbangannya sudah melampaui 1.000, jadi di atas rata-rata. Juga Ngurah Rai terjadi kenaikan signifikan,” ujarnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Tentu, Budi Karya berharap perjalanan darat Insya Allah akan berjalan dengan baik. Hanya saja, kata dia, justru yang menjadi catatan adalah pengendara sepeda motor yang cukup banyak jumlahnya hingga 17 persen. Seyogyanya, ia mengimbau masyarakat tidak bepergian naik motor dengan jarak tempuh yang jauh.

“Ini sangat berbahaya, berbanding lurus kecelakaan karena kecapean. Oleh karenanya, kami mengadakan mudik gratis. Kami mengimbau kepada perusahaan untuk mengadakan mudik gratis bagi karyawannya,” ujarnya.

Oleh karenanya, Budi Karya meminta bantuan Polri, TNI dan Pemerintah Daerah untuk melakukan pengecekan di bandara-bandara tertentu, karena musim akhir tahun ini banyak sekali burung hingga babi. “Makanya, dari sekarang harus dikelola semua itu,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya