Nusantara Superblock Menjadikan IKN Berkelas Dunia

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking superblock di IKN
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Presiden Joko Widodo, melakukan groundbreaking Nusantara Superblock di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Rabu, 20 Desember 2023. Nusantara Superblock ini yang akan menjadi daya tarik masyarakat dan menjadikan IKN sebagai kota berkelas dunia.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“Superblock Nusantara ini betul-betul akan menjadi sebuah daya tarik di IKN dan menjadikan Ibu Kota sebagai Ibu Kota Negara berkelas dunia yang berbeda dengan ibu kota-ibu kota negara-negara lain,” jelas Presiden Jokowi.

Kepala Negara sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan, yang ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara. Bahkan, kata dia, nilai investasinya tidak kecil hingga triliunan rupiah.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

“Saya sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, investor dari Balikpapan yang ikut berperan. Investasinya gede Rp 3 triliun,” ujarnya.

Menurut dia, proyek yang akan dibangun juga bukan barang kecil di atas lahan sekitar 7,5 hektar. Seperti pusat perbelanjaan sekitar 40.000 meter persegi, hotel bintang 5 sekitar 215 kamar, hotel bintang 4 ada 200 kamar, apartemen 8 tower, office building ada 2 tower, sekolah internasional dan tempat hiburan.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

“Saya sangat mengapresiasi investasi ini dan semoga dari sisi desain tidak kalah dengan investor-investor yang berasal dari Jakarta,” jelas dia.

Namun demikian, Jokowi tetap mengingatkan untuk desain green building. Karena, kata dia, memang konsepnya ingin membangun kawasan di seluruh Ibu Kota Nusantara ini adalah kawasan hijau, lingkungan hijau.

“Jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia,” ucapnya.

Oleh karenanya, Jokowi mengatakan perlu disampaikan Kepala Otorita IKN desainnya supaya dibimbing dan dikurasi oleh Ridwan Kamil atau Kang Emil, agar konsep semuanya sama yakni kawasan hijau, lingkungan hijau dan green building.

“Ini kita harapkan nanti dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan dan bisa membuka kesempatan kerja, lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat kita,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya