Gunung Marapi Meletus Lagi, Kota Padang Panjang Terpapar Abu Vulkanik

Gunung Marapi, Sumatra Barat erupsi lagi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Sumatera Barat – Gunung Marapi, Sumatera Barat sejak pertama kali mengalami erupsi pada pekan pertama Desember 2023 hingga kini masih menunjukkan tren peningkatan erupsi.

Menteri Basuki Ultimatum HK Rampungkan Tol Trans Sumatera Seksi Padang-Sicincin Juli 2024

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi, Jakarta 22 Desember 2023 kembali mencatat kejadian erupsi yang cukup berdampak. Sejumlah wilayah di kota Padang Panjang sejak pagi hingga malam ini dilaporkan terpapar hujan abu vulkanik.

"Asap kawah Marapi terekam bertekanan lemah hingga sedang. Untuk kolom abu vulkanik teramati berwarna putih-kelabu dengan itensitas tebal berketinggian 300 hingga 500 meter dari atas puncak kawah," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api-PGA Marapi, Teguh Purnomo, Sabtu 22 Desember 2023.

Gunung Ruang Menyemburkan Abu Vulkanik, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Teguh menyebut seismogram juga merekam adanya aktivitas tremor Menerus (Microtremor) dengan amplitudo 0.5 sampai 2 milimeter. Tremor yang terjadi sebelum erupsi, biasanya akibat peningkatan tekanan, kalau sesudah erupsi biasanya pelepasan tekanan.

Tim SAR saat evakuasi korban dari puncak Gunung Marapi, Agam Sumatera Barat

Photo :
  • TikTok/octarivol26
Gunung Semeru Dua Kali Erupsi dengan Tinggi Letusan Tak Teramati, Menurut Petugas Pengamatan

"Jadi, kalau ada tremor, berarti tubuh gunungnya sedang bergetar terus. Dan itu, bisa diakibatkan adanya aliran fluida menerus, bisa akibat fracture yang menerus, bisa akibat erupsi abu menerus, bisa akibat hembusan asap menerus,"tutup Teguh.

Tim SAR mengevakuasi korban erupsi Gunung Marapi di Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Diketahui, berdasarkan pemuktahiran data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi, tercatat sejak pertama kali terjadi tren peningkatan aktivitas, gunung Marapi sudah mengalami letusan sebanyak 98 kali dan 479 kali hembusan. Meski demikian, status gunung Marapi sampai saat ini masih berada di level II dengan rekomendasi tidak diperbolehkan mendekati radius 3 kilometer dari arah puncak atau kawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya