Warga di Brebes Jateng Rogoh Kocek Pribadi Perbaki Jalan Rusak

Warga di Brebes Jateng Rogoh Uang Pribadi Perbaki Jalan Rusak
Sumber :
  • tvOne/ Tri Handoko, Brebes

Brebes – Kondisi jalan di sejumlah titik di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih banyak mengalami kerusakan. Sayangnya kondisi itu tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah sehingga dikeluhkan warga di Brebes.

Kontroversi Penetapan Kurikulum Merdeka Menjadi Kurikulum Nasional

Apalagi jalan rusak menjadi akses jalan perekonomian dan aktivitas lainnya bagi masyarakat di Kabupaten Brebes. Bukan hanya itu, kondisi jalan rusak juga rawan terjadinya kecelakaaan.

Prihatin kondisi jalan yang rusak, seorang warga Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, bernama Ridhohul Khukam, memperbaiki jalan dan juga membangun jalan rusak di kampung halamannya.

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Dengan merogoh uang pribadinya tanpa menggunakan APBD, pria yang akrab dipanggil Ridho memperbaiki jalan gang di Dukuh Kertasari Desa Luwungragi, dengan cor beton ready mix.

Jelas Ridhohul Khukam, perbaikan jalan yang dilakukan karena keprihatinannya melihat kondisi jalan rusak di kampung halamannya yang bertahun-tahun tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

Sepeda Elektrik Diprediksi Makin Populer di Indonesia

"Banyak warga disini yang mengeluh karena sudah lama jalan-jalan rusak tak kunjung diperbaiki," kata Ridho, Rabu 27 Desember 2023.

Termasuk jalan di gang Dukuh Kertasari Desa Luwungragi, yang saat ini dibangun dan pembangunannya melibatkan masyarakat setempat untuk bergotong royong. Masyarakat melakukan kerja bakti di jalan gang yang sempit dan masih berupa tanah, sehingga susah bila sepeda motor berpapasan. 

"Selama ini, warga mengeluh selalu banjir dan becek jika turun hujan dan kondisi sangat membahayakan bagi pengguna jalan," jelas Ridho.

Bagi Ridho yang berprofesi sebagai seorang pengusaha, membangun dan memperbaiki jalan sebelumnya juga sudah pernah dilakukannya sebanyak dua kali.

"Memang betul, sebelumnya saya sudah dua kali melakukan perbaikan jalan ditempat lain. Salah satunya malah di jalan kabupaten yang berada di ruas Klampok - Sitanggal sepanjang 200 meteran dengan cor beton ready mix," ungkap Ridho.

Saat ditanya alasan membangun dan memperbaiki jalan dengan menggunakan uang pribadi, Ridho mengungkapkan rasa kasihannya kepada masyarakat yang selalu mengeluh kondisi jalan rusak.

"Terus terang saya prihatin dengan kondisi jalan yang belum tersentuh perbaikan. Mungkin anggaran APBD yang terbatas sehingga perbaikan jalan rusak jadi terkendali, menghambat aktivitas warga," jelas Ridho.

Anggota DPRD Brebes, Haryanto mengapresiasi langkah seorang dermawan yang rela membangun jalan dengan uang pribadinya.

"Kami memberikan apresiasi dan langkah yang dilakukan Pak Ridho bisa ditiru dermawan lainnnya di Kabupaten Brebes," katanya.

Penulis: Tri Handoko/ Kontribotor tvOne, Brebes Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya