Viral Video Anies Ditampar Pendukungnya, Timnas AMIN Kalbar: Tidak Benar

Detik-detik Anies Baswedan 'ditampar' pendukungnya
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

VIVA – Jagad maya dihebohkan atas viralnya potongan video berdurasi pendek yang memperlihatkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan, yang diduga ditampar oleh seorang pria.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Dalam video yang beredar tersebut terlihat pria yang menggunakan kaos AMIN membaur dengan simpatisan yang menyambut Anies saat acara Desak Anies di Aming Coffee Podomoro, Jalan Putri Candramidi, Pontianak, Kalimantan Barat, pada Selasa 26 Desember 2023.

Capres Anies Baswedan yang saat itu datang dengan kemeja putih disambut ratusan simpatisan yang berkerumunan. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Ketua Timnas AMIN Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie

Photo :
  • Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Saat berjalan masuk ke area acara dan melewati warga yang menyambutnya tiba-tiba seorang pria menggunakan baju bertuliskan AMIN dan topi putih tampak berdesakan.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Pria tersebut terlihat ingin menggapai Anies Baswedan dengan tangan kanannya dan mengenai kepala serta wajah sebelah kiri Anies. 

Anies Baswedan terlihat kaget saat tangan yang diduga menamparnya tersebut mengenai pipinya, dan hanya tersenyum tenang setelah itu sembari berjalan masuk ke lokasi acara. 

Sementara Ketua Timnas AMIN Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie menampik isu tersebut. 

Menurut Syarif Abdullah setelah dilihat secara seksama video tersebut adalah bentuk ketidaksengajaan simpatisan.

"Tidak ada itu, mereka antusias dan menggunakan atribut AMIN," ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis 28 Desember 2023.

Syarif Abdullah mengatakan berdasarkan video yang sudah dianalisa pihaknya, Anies Baswedan juga menanggapi dengan tersenyum dan menyapa simpatisan. 

"Tidak benar narasi yang beredar adanya penamparan," tegasnya. 

Sebelumnya diketahui Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan melakukan kampanye di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) Selasa 26 Desember 2023.

Sekira pukul 09.00 WIB, Anies tiba di Pasar Flamboyan dan langsung menyusuri area pasar dengan mengunjungi pedagang. 

Sembari menyapa masyarakat hingga simpatisan, Anies terlihat membeli ikan dan tempoyak yang merupakan panganan olahan dari fermentasi daging buah durian.

“Saya ke pasar, dan melihat harga-harga sekarang tinggi. Saatnya perubahan,” ujar Anies dihadapan simpatisan yang menunggunya di pintu Pasar Flamboyan. 

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat meresmikan Kampung Anies yang terletak di Gang Kamboja, Jl. Tanjung Pura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 26 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Rendra Oxtora

Dalam kampanye singkatnya di depan pasar tersebut, Anies berjanji jika terpilih sebagai presiden, tidak ingin membiarkan ibu rumah tangga kesulitan dalam belanja karena mahalnya harga bahan pokok.

“Indonesia harus makmur untuk semua. Jangan sampai makmur sebagian,” terangnya. 

Setelah agenda mengunjungi Pasar Flamboyan, Anies kemudian meresmikan Kampung Anies yang berada di kawasan Waterfront Sungai Kapuas, Benua Melayu Laut, Pontianak.

Berdasarkan agenda, Anies Baswedan kemudian melanjutkan perjalanannya ke Wisma Keuskupan Agung Pontianak, untuk melakukan silaturahmi Natal bersama Uskup Kalbar.

Selanjutnya, Anies akan bertemu dengan anak muda di Aming Coffee Podomoro, untuk berdialog dengan masyarakat di Kota Pontianak dalam acara Desak Anies. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya