Pemakaman Lukas Enembe Ditunda Gegara Hujan

Warga Papua sambut kedatangan jenazah Lukas Enembe
Sumber :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Papua - Polisi mengatakan pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedianya dilakukan pagi ini pukul 10.00 WIT ditunda. Hal ini dikarenakan Koya Tengah dilanda hujan sehingga prosesi pemakaman belum dapat dilakukan. 

Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

"Tadi malam sudah disemayamkan di rumah duka Koya Tengah pukul 00.00 WIT. Saat ini ibadah pemakaman masih menunggu hujan reda," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady saat dikonfirmasi, Jumat, 29 Desember 2023.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo

Photo :
  • Aman Hasibuan
Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Benny menyebut, sejauh ini situasi di Jayapura masih tergolong kondusif. Aktivitas masyarakat pun tergolong lengang mengingat hujan yang turun di Koya Tengah sejak pagi.

Meski tergolong lengang, pihaknya tetap melakukan penebalan pengamanan usai adanya peristiwa kericuhan iring-iringan jenazah Lukas Enembe pada Kamis, 28 Desember 2023 kemarin. Pun, aparat kata dia telah disiagakan untuk menjaga iring-iringan hingga prosesi pemakaman Lukas. 

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

"Pengamanan dipertebal saja di sekitar wilayah koya tengah di pos-pos pengamanan kepolisian. Plotingan pengamanan jalur dan objek vital terap dilaksanakan untuk mengantisipasi massa yang kembali ke rumah masing-masing selesai pengamanan," ucap Benny.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyampaikan bahwa sejumlah insiden terjadi selama pengantaran jenazah Lukas Enembe ke rumah duka. 

Kejadian tersebut terutama terjadi di beberapa wilayah, seperti di depan Sekolah Teologia Atas Injili (STAKIN) dan beberapa titik lokasi lainnya.

Hal itu disampaikan Kapolda menanggapi terkait situasi yang terjadi di Kabupaten hingga Kota Jayapura saat pelaksanaan penjemputan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, pada Kamis 28 Desember 2023.

Jenazah Lukas Enembe di Bandara Soekarno Hatta Akan Diterbangkan ke Papua

Photo :
  • VIVA/ Sherly

"Kami mencatat beberapa insiden selama pelaksanaan penyerahan Jenazah kepada pihak keluarga. Terdapat 14 korban luka, termasuk Pj. Gubernur Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, 8 aparat keamanan, dan 5 warga masyarakat. Selain itu, ada 1 mobil yang dibakar, 5 kendaraan rusak berat, 3 bangunan dan sekitar 25 perumahan mengalami kerusakan serta pembakaran," ungkap Kapolda.

Hingga saat ini, total kerugian masih dalam tahap penghitungan. Pj. Gubernur Provinsi Papua, Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, yang turut menjadi korban luka, dinyatakan stabil, namun akan menjalani pengobatan lebih lanjut di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya