KKP Pulihkan Terumbu Karang Lewat Coral Stock Center

Coral Stock Center di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan.
Sumber :
  • LPSPL Serang

Jakarta – Pusat stok karang (Coral Stock Center) di Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan telah dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Dalam pelaksanaannya, LPSPL Serang bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta menggandeng Yayasan Karang Lestari Indonesia (YKLI) serta Kelompok Masyarakat DPL-BM Karang Mutiara sebagai mitra konservasi.

Hingga kini, DPL-BM Karang Mutiara terus aktif melakukan perawatan agar terumbu karang tumbuh dengan baik. “Monitoring dan perawatan telah dilakukan sebanyak tiga kali di tanggal 23 Juli, 30 September dan 24 Oktober 2023 oleh anggota kelompok dan bibit karang tumbuh dengan baik,” ujar Ketua Kelompok DPL-BM Karang Mutiara Usman dalam keterangannya, Jumat, 29 Desember 2023.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Monitoring ekosistem terumbu karang dan underwater clean-up di Pulau Seribu.

Photo :
  • LPSPL Serang

Dalam keterangan tertulis, LPSPL Serang menyebutkan, pembangunan Coral Stock Center itu merupakan bentuk komitmen untuk mendukung pemulihan ekosistem laut, khususnya terumbu karang. 

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Terumbu karang merupakan sumber daya laut yang sangat penting bagi kehidupan manusia, baik secara ekologi maupun secara ekonomi

Selain rehabilitasi, Coral Stock Center yang diresmikan pada 9 Juni 2023 itu, juga bertujuan untuk penyediaan bibit guna kegiatan rehabilitasi terumbu karang serta sebagai objek edukasi dan wisata bahari bagi masyarakat.

Sejak tahun 2021, LPSPL Serang telah menginisiasi program Coral Stock Center di perairan Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten. 

Hal itu dilakukan bersama kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame dan Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan bersama kelompok DPL-BM Terbit Payung. 

Hingga 2023, LPSPL Serang telah menyediakan stok karang sebanyak 1.978 bibit dan 73 rak transplantasi seluas 0,37 hektare. LPSPL Serang berkolaborasi dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut DKPKP Provinsi DKI Jakarta serta Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) untuk penyediaan bibit karang.

Coral Stock Center tersebut dilakukan sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pencegahan Pencemaran, Pencegahan Kerusakan, Rehabilitasi dan Peningkatan Sumber Daya Ikan dan Lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya