Ilham Bintang: MUI Dukung Berita Luna Maya

Luna Maya dan Ariel
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia, Ilham Bintang, menyatakan fatwa Majelis Ulama Indonesia tidak bicara spesifik soal infotainment. Fatwa itu, kata bos Cek & Ricek itu, berlaku untuk semua pemberitaan dan penyiaran.

"Fatwa MUI yang mengharamkan gosip atau berita bohong dan membuka aib orang lain dalam pemberitaan media, sesungguhnya telah diatur dalam Kode Etik Jurnalistik khususnya pasal (4) dan (5)," kata Ilham Bintang kepada VIVAnews, Rabu 28 Juli 2010. "PWI dengan tegas menyatakan media dan pelakunya  yang bekerja di luar koridor itu  dipersilakan angkat kaki keluar dari komunitas pers," kata Ilham.

Ilham menambahkan, otoritas di bidang pers, Dewan Pers dalam rapat pleno minggu lalu lebih menegaskan lagi posisi infotainment, yang tunduk pada UU Pers dan KEJ sebagai karya jurnalistik. Fatwa MUI dengan demikian, kata Ilham, sejalan dan semakin memberi penguatan pada upaya penaatan wartawan pada kode etik jurnalistik dan  aturan hukum di bidang pers.

Namun Fatwa MUI itu, kata Ilham, kalau dicermati memberi pengecualian. Demi kepentingan umum, aib seseorang boleh diberitakan.

"Kasus Luna Maya dan Ariel, harus diberitakan itu karena menyangkut peredaran video porno," kata Ilham. "Saya telah bicara dengan MUI dan mereka mendukung," kata Ilham, "karena demi kepentingan umum."

Sebelumnya, Musyawarah Nasional MUI menghasilkan fatwa salah satunya mengharamkan menceritakan aib orang di depan umum. Konsekuensinya, MUI juga melarang membuat berita yang menceritakan aib orang lain.

"Ketiga, mengharamkan menayangkan," kata Asrorun Niam Saleh, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI, menyebut salah satu hasil Musyawarah Nasional MUI, di Jakarta, Selasa 27 Juli 2010 malam.

Namun ketentuan ini tidak berlaku jika ada pertimbangan lain yakni demi kepentingan umum. "Seperti kepentingan penegakan hukum, memberantas kemungkaran, menyampaikan pengaduan, meminta pertolongan, atau meminta fatwa hukum," kata Niam Saleh. (hs)

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia
Ria Ricis.

Meski Teuku Ryan Upayakan Banyak Usaha Buat Rujuk, Ini yang Bikin Ria Ricis Mantap Cerai

Proses perceraian Ria Ricis dengan Teuku Ryan akan segera memasuki babak akhir. Keduanya segera menghadapi sidang putusan yang akan digelar pada pekan depan, 2 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024