Jimly Minta Capres-Cawapres Contoh Keberanian Rizal Ramli

Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), Jimly Asshiddiqie
Sumber :
  • Antara

Jakarta -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengenang mantan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli sebagai sosok pejabat publik yang kritis dan pemberani dalam menyampaikan pemikiran-pemikirannya. Sikap tersebut selalu ditunjukkan Rizal, baik saat berada di dalam maupun di luar pemerintahan.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Jimly pun meminta para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 dapat meneladani almarhum Rizal Ramli jika terpilih menjadi pemimpin bangsa.

"Nah, bisa enggak calon pemimpin yang sedang mengikuti pemilihan umum ini, baik capres, caleg, maupun kepala daerah nanti, saya kira belajar dari dia (Rizal Ramli). Ambil hal baik dari almarhum," kata Jimly usai bertakziah ke rumah duka Rizal Ramli di Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Rizal Ramli Meninggal Dunia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Jimly, sikap baik dari Rizal Ramli yang bisa diteladani oleh pasangan calon peserta Pilpres 2024 antara lain adalah memiliki komitmen dan keberanian dalam menolak kelaziman demi perbaikan bangsa di masa datang.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Jimly mengatakan, cara berpikir Rizal Ramli yang terkesan nyeleneh justru menjadi keunikan tersendiri yang jarang dimiliki pejabat publik di Tanah Air.

"Karakter keteladanan dari Rizal Ramli, salah satunya dia tidak mengikuti kelaziman. Jadi, jangan terbenam dalam kebiasaan, apalagi budaya kita sangat feodal. Maka, kalau tidak ada yang orang-orang yang berpikir nyeleneh, tidak biasa, ya, kita rugi," ujarnya

Diketahui, mantan Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024 di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. 

Jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya