Formasi Rekrutmen CPNS 2024 Fokus pada Guru dan Tenaga Kesehatan

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas
Sumber :
  • VIVA/Sherly

JakartaMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Azwar Anas Abdullah mengatakan rekrutmen calon ASN 2024 telah dibuka sebanyak 690.822 orang untuk fresh graduate. Selain itu, kata dia, pemerintah juga rekrutmen PPPK sebanyak 1.611.727 formasi yang belum diangkat.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

“Kebijakan pengadaan calon ASN 2024 difokuskan pada pelayanan dasar, totalnya 2.302.543 terdiri dari 690.822. Itu adalah CPNS umum atau fresh graduate yang telah lama tidak dibuka untuk ini, dan 1.605.694 ini untuk PPPK,” kata Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan pada Jumat, 5 Januari 2024.

Ilustrasi aparatur sipil negara atau ASN

Photo :
  • Ist
Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Menurut dia, fokus pemerintah dalam perekrutan formasi CPNS 2024 ini pada pelayanan dasar yaitu tenaga guru dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia yang belum terpenuhi. “Kebutuhan pelayanan dasar yaitu guru tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah pinggiran atau 3T,” ujarnya.

Adapun, kata dia, ada dua sektor posisi jabatan yang kedepan masih tumbuh atau positive growth yaitu tenaga pendidikan dan sektor kesehatan. Karena, dia menyebut ini tidak bisa digantikan dengan teknologi di beberapa titik, khususnya tenaga kesehatan yang melayani masyarakat di berbagai daerah pelosok Indonesia.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

“Tetapi ada tenaga yang ke depan itu zero growth, yaitu tenaga teknis fungsional dan yang negative growth adalah tenaga teknis pelaksana. Karena nanti akan sebagian diatasi dengan digitalisasi,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen jutaan calon aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024. Menurut dia, pemerintah mengajak anak-anak muda Indonesia yang bertalenta untuk ikut proses seleksi calon ASN tersebut.

“Pemerintah memberi kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang, yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan instansi daerah 483 ribu,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat, 5 Januari 2024.

Selain itu, kata Jokowi, Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan non ASN berdasarkan database BKN, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1.600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen calon ASN sebanyak 2.300 ribu formasi,” ungkapnya.

Adapun, Jokowi menjelaskan anak-anak muda yang baru lulus perguruan tinggi untuk mengikuti tes calon ASN karena saat ini sedang menghadapi disrupsi teknologi yang begitu pesat. 

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Menurut dia, pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah.

“Melalui kesempatan ini, saya mengundang saudara-saudara talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024, dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya