Hujan Deras di Jambi, Jalan Raya Putus Akibat Longsor

Ilustrasi longsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Jambi –  Hujan deras yang terus mengguyur Provinsi Jambi, mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda banjir dan longsor. Akibatnya jalan raya terputus, dan menghambat pergerakan masyarakat yang berimbas pada aktivitas ekonomi yang tidak berjalan.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Seperti terjadi jalan raya beton tepatnya di Pekan Gedang menuju marga Batin Pengambang, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Jalan tersebut hancur ke jurang setelah diterjang longsor. Kendaraan roda empat tidak bisa melalui jalan itu, hanya roda dua. Tetapi mereka diimbau untuk selalu waspada.

Asbi, salah satu warga Sarolangun membenarkan air Sungai Batang Asai mulai meluap hingga ke permukaan rumah warga. Tidak saja menerjang pemukiman, tetapi akses jalan raya juga hingga membuat banyak retak dan sampai longsor.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

"Ya air Sungai Batang Asai mulai meluap sampai jalan rabat beton longsor," katanya, Sabtu, 13 Januari 2024.

Jalan raya rabat beton sampai saat ini belum bisa diperbaki oleh pemerintah karena akses jalan dari Pekan Gedang menuju Batin Pengambang terganggu. Masyarakat meminta pemerintah daerah terutama gubernur, untuk memperhatikan persoalan ini.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Terpisah, Kepala Desa Batin Pengambang Aniswen, melalui warga Batang Asai mengatakan jalan yang tergerus hingga masuk jurang awalnya separuh. Setelah hujan yang berlangsung seharian dan makin deras, hingga jalan beton longsor makin parah sampai tidak bisa dilewati mobil karena hampir seluruh bagiannya tergerus.

"Hujan makin deras terus sehingga longsornya makin parah sampai jalan raya nyaris putus,"katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya