Polisi Pastikan Pengancam Anies di Kaltim Tak Berkaitan dengan Capres Manapun

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo.
Sumber :
  • ANTARA/Novi Abdi

Balikpapan - Polisi menyebut pemilik akun Instagram @rifanariansyah yang mengancam calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan tidak ada keterlibatannya dengan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02 dan 03.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Tidak terkait manapun," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Timur, Komisaris Besar Polisi Yusuf Sutejo kepada wartawan, Selasa 16 Januari 2024.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo

Photo :
  • ANTARA/HO-Humas Polda Kaltim
Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Dirinya menambahkan, saat ini pihaknya masih memeriksa intensif RA. Dia mengatakan, tidak ada motif politik di balik aksi pelaku. Statusnya pun belum ditetapkan jadi tersangka. Yang bersangkutan masih berada di Markas Polda Kaltim.

"Bukan terkait politik," ujarnya.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Sebelumnya diberitakan, pemilik akun Instagram @rifanariansyah yang juga mengancam calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, menyerahkan diri ke polisi. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Timur, Komisaris Besar Polisi Yusuf Sutejo.

"Betul (menyerahkan diri)," kata dia, Senin 15 Januari 2024.

Kata dia, yang bersangkutan menyerahkan diri Sabtu, 13 Januari 2024 lalu. Pengancam Anies itu berinisial RA. Kata Yusuf, RA dijemput dari kediamannya yang berjarak tempuh 10 jam dari Polda Kaltim. Hingga kini, yang bersangkutan masih diperiksa intensif.

Meski telah menangkap AWK (23), pria yang mengancam mau menembak calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan saat live TikTok, memakai akun TikTok @calonistri71600, polisi masih menyelidiki akun instagram @rifanariansyah.

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia/tangkapan layar.

Akun ini diduga juga melakukan hal serupa. Pemilik akun diduga merupakan warga Kalimantan Timur (Kaltim). Sementara AWK yang baru ditangkap adalah warga Jawa Timur.

“Iya (untuk) akun @rifanariansyah masih dilakukan pencarian,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Timur, Komisaris Besar Polisi Yusuf Sutejo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya