SBY Instruksikan Tindak Pelaku Rusuh Kuningan

Presiden SBY jumpa pers pengunduran diri Menkeu Sri Mulyani
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan aparat keamanan harus menindak tegas pelaku yang menyebabkan kerusuhan Kuningan.

"Tindakan anarkis oleh siapa pun dan organisasi mana pun harus ditindak tegas. Kepolisian sudah diinstruksikan," kata Djoko di Kantor Presiden, Jumat, 30 Juli 2010.

Bahkan, menurut Djoko, Presiden Yudhoyono juga sudah menyampaikan kepada dia agar polisi bersikap tegas terhadap setiap tindakan anarkis. Walau demikian, polisi diharapkan mempunyai kemampuan mengelola konflik di lapangan.

"Kepolisian kan harus mengelola tindakan-tindakan di lapangan. Kalau polisi lima orang lawannya 500 orang, kan tidak mungkin tegas. Tapi policy-nya setiap tindakan anarki tidak boleh terjadi," kata Djoko yang juga adalah Ketua Komisi Kepolisian Nasional.

Kerusuhan Kuningan berawal dari penyegelan Mesjid An-Nur milik jamaah Ahmadiyah di Desa Manis Lor, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, kemarin. Melihat penyegelan yang dilakukan oleh petugas Satpol PP, jamaah Ahmadiyah marah dan melempari mereka dengan batu.

Kericuhan itu sudah yang yang kesekian kali terjadi. Insiden bermula saat warga sekitar yang bukan pemeluk Ahmadiyah, menuntut agar jamaah Ahmadiyah tidak lagi menjalankan segala aktivitas keagamaan yang mereka anggap menyimpang dari ajaran Islam. (kd)

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024