Polisi Belum Seret Gayus ke Kasus Mafia Pajak

Gayus Tambunan Diciduk Satgas
Sumber :

VIVAnews - Mabes Polri sampai saat ini masih menetapkan Gayus Tambunan sebagai tersangka mafia hukum. Kepolisian belum menemukan bukti kuat keterlibatan mantan pegawai Direktorat Pajak itu dalam tindak pidana korupsi dan mafia pajak.

"Arah penyidikan ke sana (korupsi dan pajak), iya. Tapi, belum ditentukan statusnya," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang kepada wartawan, Jumat 30 Juli 2010. "Penahanan Gayus masih pada status tersangka mafia hukum."

Dia menjelaskan tersangka dalam perkara mafia pajak baru HN dan MPM. Dalam kasus mafia pajak, kata Edward, Gayus belum banyak memberikan keterangan. "Penyidik fokus pada kasus-kasus  yang pernah ditangani Gayus," jelasnya.

Untuk mengusut mafia pajak ini, kata dia, penyidik sudah memeriksa lebih dari empat perusahaan. Namun, dia menolak menjelaskan lebih lanjut detail perusahaan tersebut dengan alasan praduga tak bersalah. "Kami tidak bisa memaksa Gayus membuka mulut. Tapi, penyidik terus mencari dan itu bisa jadi aspek memberatkan," kata dia lagi.

Dalam kesempatan itu, Edward juga mengomentari dugaan keterlibatan atasan penyidik kasus Gayus, Kompol M Arafat Enanie. Dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Arafat sempat melontarkan bahwa dia merasa dikorbankan atasannya dalam penanganan kasus Gayus.  "Ini bukan fakta baru. Tapi, yang diperlukan (penyidik) bagaimana, kapan, dan aliran uangnya," kata Edward.

Kepolisian, kata dia, tetap mengembangkan kasus penanganan perkara Gayus di Mabes Polri. "Meski sudah di persidangan, bukan berarti ini selesai. Kami masih menunggu perkembangan di persidangan. Itu juga alasan sidang kode etik ditunda karena bisa sangat berpengaruh." (umi)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024