UKP4 Ikut Awasi Anggaran Daerah

Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Datangi Mabes Polri : Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mengatakan Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat dengan Daerah (Retreat) mendatang akan memfokuskan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Daerah (APBD).

Hal ini dikatakan Kuntoro sebelum meninggalkan kantornya, Senin 2 Agustus 2010. "Fokusnya adalah bagaimana menyusun APBN dan APBD yang sehat dan efektif," kata dia.

Kuntoro juga mengungkapkan UKP4 akan dilibatkan dalam pengawasan Anggaran Daerah. Namun, pengawasan akan dilakukan terhadap program-program pembangunan yang sifatnya utama.

Selain itu, Kuntoro menjelaskan keterlibatan UKP4 dalam pengawasan daerah sudah disosialisasikan kepada kepala daerah dalam retreat sebelumnya di Istana Tampaksiring, Bali. "Jadi sebagian program APBD akan masuk pemantauan UKP4, itu sudah disosialisasikan di (Istana) Tampaksiring," ujar Kuntoro.

Bagaimana dengan pengawasan APBD tingkat kabupaten atau kotamadya? "Kami serahkan ke tingkat provinsi yang menentukan bagaimana," ucap Kuntoro.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan ada APBD yang tidak optimal dan tidak sehat. APBD itu dianggap boros dan tidak tepat sasaran.

Selain itu, SBY melihat belum ada kemajuan pembangunan daerah. Misalnya di Provinsi Papua. Padahal Papua merupakan provinsi dengan biaya pembangunan per kapita tertinggi. Karena itu SBY meminta dilakukan audit terhadap anggaran daerah.

"Audit harus dilakukan. Bagian mana yang tidak pas, manajemen anggarannya, pengawasan atau efisiensinya," kata SBY Kamis pekan lalu.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024