Tim Forensik Keluarkan Hasil Resmi Autopsi Dante, Anak Tamara Tyasmara

Yudha Arfandi atau YA (tengah baju tahanan orange), pacar Tamara Tyasmara yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante di kolam renang di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Tim Ahli Forensik kepolisian akhirnya mengeluarkan penyebab resmi kematian Dante Khalifa Pramudiyo atau Dante (6) anak dari artis Tamara Tyasmara dan DJ Angger Dimas, yang meninggal dunia di kolam renang, daerah Duren Sawit, Jakarta Timur pada beberapa pekan lalu.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati, Brigjen Pol Hariyanto menyebut dari hasil autopsi ditemukan penyebab kematian Dante relevan dengan peristiwa tenggelam saat berenang bersama tersangka YA, yang mana adalah kekasih Tamara.

“Sebab kematian sesuai dengan tanda peristiwa tenggelam,” kata Hariyanto saat ditanya wartawan, Senin, 12 Februari 2024.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Namun, Hariyanto mengatakan bahwa pihaknya memiliki kesulitan saat memeriksa jenazah Dante karena organ-organ dalam tubuh Dante telah mengalami pembusukan setelah dilakukan ekshumasi atau menggali kubur untuk keperluan forensik.

Ipda Irfan Urane dalam kasus kematian Dante saat menangkap tersangka YA

Photo :
  • Tangkapan Layar
Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

“Saat ekshumasi dari jarak kejadian sudah 10 hari, banyak bagian kulit yang sudah terkelupas karena proses pembusukan. Bagian pipi kanannya, kulit wajah termasuk yang sudah membusuk,” jelas dia.

Karena kondisi jasad Dante yang telah membusuk, tim dokter pun masih membutuhkan waktu untuk memastikan penyebab kematian. Dengan memeriksa organ dalam tubuh seperti lambung, hati, paru, ginjal, guna membuktikan relevansi dengan peristiwa tenggelam.

“Pembusukan adalah proses yang mengganggu pemeriksaan saat otopsi,” lanjutnya dia.

Pekan lalu, Yudha Arfandi (YA) yang merupakan kekasih Tamara Tyasmara telah menjalani pemeriksaan oleh Polda Metro Jaya.dan dicecar sebanyak 62 pertanyaan terkait kematian Dante oleh pihak kepolisian.

Yudha Arfandi atau YA (tengah baju tahanan orange), pacar Tamara Tyasmara yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante di kolam renang di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Dari hasil pemeriksaan tersebut, YA mengaku alasan menenggelamkan Dante tak lain adalah untuk memberikan latihan pernapasan. "Tersangka mengakui berenang di air selama 2,5 jam dan untuk latihan membenam bertujuan latihan pernafasan, biar lebih kuat, tidak terlalu panik dan tidak takut air," ujar Richard kepada wartawan.

Sebelumnya dikabarkan, Kepolisian akhirnya mengungkap dalang di balik kematian tragis Dante. Dalam hal ini, kekasih Tamara Tyasmara, YA ditetapkan sebagai tersangka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya