Kereta Api Manahan Tabrak Truk di Brebes, Sopir dan Anaknya Tewas

Kereta Api Manahan tabrak dump truk di Brebes, Jawa Tengah
Sumber :
  • tvOne/Tri Handoko

Brebes Kecelakaan kereta api (KA) terjadi di perlintasan tanpa palang pintu Desa Luwunggede, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis, 15 Februari 2024, sore sekitar pukul 15.00 WIB.  Kereta Api Manahan Jurusan Stasiun Balapan Solo - Stasiun Gambir, menabrak dump truk yang mengangkut urugan tanah. Dua orang tewas dalam insiden tersebut. 

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes, Ipda Yuswi Candra mengatakan, kejadian kecelakaan berawal, saat dump truk berpelat nomor R 9964 AT, yang tengah mengangkut urugan tanah melaju dari arah utara ke arah selatan.

Tiba-tiba saat berada ditengah perlintasan kereta, ungkap Yuswi ada kereta api penumpang melaju dari arah timur ke barat, sehingga tabrakan tidak terelakkan dan truk terseret sekitar 15 meter hingga menyebabkan body truk hancur lebur menjadi beberapa bagian.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Kereta Api Manahan tabrak dump truk di Brebes, Jawa Tengah

Photo :
  • tvOne/Tri Handoko

"Diduga sopir truk tidak mengetahui ada kereta api melintas. Soalnya biasanya di lokasi itu ada warga yang menjaga di perlintasan tanpa palang pintu. Namun, saat kejadian turun hujan, sehingga tidak warga yang biasa menjaga di lokasi," kata Yuswi.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Kecelakaan tersebut menyebabkan dua orang tewas yakni sopir dump truk Eko Prayitno (38) warga Rawalo Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, dan anaknya Zaki yang masih berusia 5 tahun.

Kedua jenazah saat ini masih disemayamkan di Rumah Sakit Mutiara Bunda Tanjung. "Untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kecelakaan,  masih dalam penyelidikan," jelas Yuswi.

Hingga Kamis sore, puluhan petugas PT KAI Daop 3 Cirebon masih melakukan perbaikan rel dan berusaha mengevakuasi lokomotif CC 203-01-07,  yang anjlok. Jalur itu pun untuk sementara tidak bisa dilalui, sehingga menyebabkan perjalanan kereta lainnya mengalami keterlambatan.

"Kondisi tersebut menyebabkan KA Manahan (79F) anjlok dan jalur hilir di antara Stasiun Ciledug (Cirebon)-Ketanggungan (Brebes), untuk sementara tidak dapat dilalui perjalanan kereta api, serta menyebabkan keterlambatan KA-KA yang melintas pada jalur tersebut," tulis pihak KAI.

Untuk gerbong kereta api yang mengangkut penumpang tetap melanjutkan perjalanan dengan lokomotif lainnya menuju Stasiun Gambir.

Kepala PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana menegaskan, akibat kejadian ini tidak mengganggu perjalanan kereta. Karena bisa menggunakan rel sebelah selatan.

"Perjalanan kereta tidak ada yang terganggu. Masih bisa berjalan menggunakan rel sebelah selatan (sebelahnya). Kami secepatnya melalukan perbaikan supaya kembali normal," pungkasnya

Laporan: Tri Handoko/tvOne Brebes 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya