Puting Beliung Terjang Sumedang-Bandung, Pohon Tumbang dan Pabrik Rusak

Puting beliung terjang Jatinangor dan Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat
Sumber :
  • Istimewa

Sumedang Angin puting beliung melanda wilayah perbatasan antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung pada Rabu (21/2/2024) petang. Kejadian ini direkam oleh warga dalam video amatir.

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Dalam rekaman tersebut, terlihat pusaran angin puting beliung melanda dan merusak bangunan di kawasan industri serta permukiman warga di Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor.

Petugas dari BPBD, Basarnas, TNI-Polri, dan PMI segera melakukan evakuasi pohon tumbang dan puing-puing bangunan yang menutup jalan Nasional Bandung-Garut, yang merupakan titik perbatasan antara dua Kabupaten tersebut.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dampak Puting beliung di Jatinangor dan Cimanggung Sumedang

Photo :
  • Istimewa

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Tang Sutarno, menyatakan bahwa angin puting beliung ini menyebabkan kerusakan pada atap pabrik dan pohon tumbang di jalur antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Meskipun kerugian material terjadi, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

"Atap bangunan pabrik dan beberapa atap rumah warga mengalami kerusakan," ujar Atang.

Pihak BPBD terus melakukan proses pembersihan puing-puing bangunan dan pohon tumbang hingga menjelang malam. Mereka juga masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pasti rumah warga yang terdampak oleh bencana ini. (Luthfi Setia Rafsanjani/Sumedang)

BPBD Kabupaten Purwakarta menyelidiki pergerakan tanah

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta menyelidiki pergerakan tanah di Kampung Cibodas dan Kampung Panyindangan Kabupaten Purwakarta.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024