Seorang Pria Gendong Anak Ketika Sholat Tarik Perhatian Netizen: Emang Boleh?

Seorang Pria Gendong Anak Ketika Sholat Tarik Perhatian Netizen
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Melakukan salat merupakan kewajiban yang tidak boleh diabaikan. Selain sebagai bentuk ibadah sholat kepada Allah SWT, salat juga memiliki fungsi untuk mencegah perilaku yang buruk dan dosa. Lebih lagi, jika salat dilakukan secara berjamaah di masjid.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Mereka yang melaksanakan salat berjamaah di masjid akan mendapatkan berbagai keutamaan, di antaranya setiap langkahnya akan mendapat pahala, dosa-dosanya akan dihapuskan, dan derajatnya akan ditinggikan oleh Allah SWT.

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk pergi berjamaah ke masjid atau mushola. Meski demikian, ada juga yang rela pergi ke masjid meskipun harus membawa anak bayi.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Seorang Pria Gendong Anak Ketika Sholat Tarik Perhatian Netizen

Photo :
  • Istimewa

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @ael_hakiem, terlihat sejumlah pria sedang melaksanakan salat berjamaah. Focus video tersebut adalah seorang pria yang mengenakan kaus abu-abu dan celana panjang krem di barisan terakhir.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Awalnya terlihat biasa saja, tapi pada saat melakukan gerakan sujud, terlihat pria tersebut menaruh anaknya yang masih balita di lantai dengan sangat hati-hati.

"Cinta yang sesungguhnya," tulis keterangan pada video unggahan akun @ael_hakiem di TikTok.

Ternyata, pria tersebut melakukan salat sambil menggendong anaknya yang masih bayi di dadanya. Hal ini jelas membuat netizen yang melihatnya tersentuh melihat kecintaan pria tersebut kepada anaknya.

Melansir situs Kemenag, salat memang boleh sambil menggendong anak, sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Anas bin Malik:

Nabi pernah shalat sambil menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah dan Abu al-‘Ash bin Rabi’ah bin Abd Syams. Jika sujud, Nabi meletakkan Umamah dan jika berdiri, Nabi menggendongnya kembali.” (HR. Anas bin Malik).

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain anak yang digendong tidak dalam keadaan membawa najis. Selain itu, anak tersebut tidak boleh melakukan gerakan selain gerakan shalat sampai tiga kali berturut-turut.

Seorang Pria Gendong Anak Ketika Sholat Tarik Perhatian Netizen

Photo :
  • Istimewa

Video ini pun mendapat berbagai respon dari para netizen. Kebanyakan memuji apa yang dilakukan oleh ayah tersebut.

"Sederhana, tapi gak semua laki-laki bisa," tulis netizen dalam kolom komentar.

"masyaallah, sisakn satu untuku laki-laki seperti dia yng mencintai Allah," tulis netizen lainnya.

"mungkin dia terpaksa membawa anak nya karna tidak ada yg mau menjaga si anak, sah tidak sah hanya Allah SWT yg tau," timpal netizen lainnya.

"Ya allah semoga anak” ku dapet bapak yang baik soleh bertanggung jawab dunia akhirat," tulis yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya