RoundUp

Terpopuler: Dugaan Pelecehan Rektor UP dan AHY Bersalaman dengan Moeldoko

AHY dan Moeldoko di Istana Negara Jakarta
Sumber :
  • Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden

Round Up – Ada tiga artikel terpopuler dari kanal News VIVA.co.id yang tayang pada Senin (26/2/2024) kemarin. Ketiga artikel tersebut mengangkat soal Jokowi dan program makan gratis, AHY bersalaman dengan Moeldoko, dugaan pelecehan di Universitas Pancasila.

Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

Berikut ketiga berita yang menyita perhatian pembaca VIVA.co.id:

1.Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dalam Sidang Kabinet

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas program makan siang gratis dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Senin, 26 Februari 2024.

Noel Joman Sebut Sikap Sinis Hasto ke Jokowi Merugikan PDIP dan Megawati

Diketahui, program makan siang gratis ini digaungkan oleh pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subiant-Gibran Rakabuming Raka.

“Membahas tentang program-program prioritas Pak Prabowo termasuk di dalamnya adalah makan siang tahap awal,” kata Bahlil di Kompleks Kepresidenan.

Menurut dia, secara umum bahwa program-program prioritas Presiden terpilih Prabowo dan Gibran itu sudah akan diakomodir. Sehingga, kata dia, saat tahun 2025 itu langsung running atau langsung jalan. 

“Dan pembahasan APBN-nya kan ini baru tahap pertama dan beberapa bulan ke depan kita bahas,” ujarnya.

Selengkapnya baca di sini

2.Momen AHY-Moeldoko Bersalaman dan Saling Sapa saat Bertemu di Istana

AHY dan Moeldoko di Istana Negara Jakarta

Photo :
  • Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin, 26 Februari 2024. Tampak, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti sidang kabinet perdana era Pemerintahan Presiden Jokowi.

Tampak, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) AHY memakai baju batik lengan panjang warna hitam motif dengan pin di dada sebelah kiri.

Namun, ada momen menarik dimana AHY bersalaman dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebelum rapat di mulai. Memang, sejumlah menteri begitu cair di Istana Negara sebelum rapat dimulai.

Tampak, Moeldoko memakai baju batik cokelat lengan panjang. Sedangkan, AHY duduk tidak jauh dengan Moeldoko.

Diketahui, AHY sudah tiba di Istana Negara terlebih dahulu. Saat itu, AHY sedang berbincang santai dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto.

Tiba-tiga, Moeldoko datang menyapa dan menyalami mantan Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi yang sedang berbincang dengan AHY. Kemudian, Moeldoko dan AHY bersalaman saling sapa. Bahkan, genggaman tangannya sangat erat.

Selengkapnya baca di sini

3.Kemendikbud Turun Tangan Selidiki Dugaan Pelecehan Seksual oleh Rektor Universitas Pancasila

Ilustrasi korban pelecehan seksual.

Photo :
  • Istimewa

 Rektor Universitas Pancasila (UP), dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap bawahannya. Dugaan pelecehan itu juga kini sedang diusut oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. 

"Berdasarkan laporan masyarakat, kasus tersebut sudah ditangani inspektorat jenderal," ucap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam kepada wartawan, Minggu, 25 Februari 2024. 

Dikatakan Nizam, pihaknya melakukan tindak lanjut berdasarkan Permendikbudristek tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Tindak lanjut ini juga kata Nizam dilakukan bersama dengan stakeholder terkait. 

"Kementerian melakukan tindak lanjut sesuai Permendikbudristek tentang PPKS. Biasanya bersama dengan LLDIKTI dan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, salah satu oknum rektor universitas yang berada di Ibu Kota dilaporkan terkait dugaan pelecehan seksual. Terlapornya adalah rektor berinisial ETH.

Laporan diterima dengan nomor surat tanda penerimaan laporan: STTLP/B/193/I/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA dan LP/B/193/I/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA pada 12 Januari 2024.

Korbannya adalah kabag humas dan pentura di universitas tersebut. Korban berinisial RZ. Kuasa hukum korban, Amanda Manthovani mengungkap dugaan pelecehan seksual itu terjadi pada Februari 2023.

“Pada Februari 2023, terlapor memanggil korban ke ruangan dalam rangka pekerjaan,” ujarnya, Jumat 23 Februari 2024.

Selengkapnya baca di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya