5 Daerah yang Pernah Ngotot Ingin Merdeka dari Indonesia, dari Aceh hingga Papua

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Pegunungan.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Perjalanan suatu negara untuk menjadi bangsa yang besar dan berkembang tentu saja tidak selalu berjalan mulus. Sebab, ada saja daerah yang ingin merdeka atau memisahkan diri dari negara tersebut, tak terkecuali dengan Indonesia sebagai bangsa yang besar. 

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Karena alasan tersendiri, sekelompok orang di daerah ingin merdeka dari Indonesia dengan membuat pemerintahan sendiri. Beruntung, pemerintah berhasil menyelesaikannya sehingga daerah yang ingin merdeka dari Indonesia berhasil dicegah dan tidak terwujud. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Papua

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa
Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Sebagian besar masyarakat Indonesianya tampaknya sudah mengetahui kelompok separatis ini karena kelompoknya masih aktif sampai sekarang, yaitu Organisasi Papua Merdeka (OPM). Hasratnya tak pernah  berhenti untuk menjadi negara sendiri alias pisah dari Indonesia. 

Dalam pemberontakan yang kini dilaksanakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), mereka menyerang aparat kepolisian dan TNI. Tak jarang puluhan korban jiwa melayang imbas baku tembak yang terjadi antara aparat dari negara Indonesia dan KKB. 

Pulau Samalona, Makassar.

Photo :

Puluhan ribu mahasiswa sempat menuntut Makassar untuk memisahkan diri dari Indonesia dan dibentuk menjadi negara sendiri. Gelombang tuntutan kemerdekaan ini berawal dari kekecewaan mereka atas gagalnya BJ Habibie dalam menjadi presiden tahun 1999. 

Pada saat itu, Golkar dinilai sudah berkhianat dan dianggap menjadi otak dari diangkatnya BJ Habibie sebagai presiden Indonesia. Beruntung, gelombang seruan untuk merdeka tersebut saat ini telah mereda dan damai di Makassar. 

Pulau Derawan di Kalimantan Timur

Photo :
  • http://riawandjack.blogspot.com

Pada awal tahun 2000 muncul sejumlah kelompok di Kalimantan yang menginginkan dirinya berpisah dari Indonesia. Kelompok ini menyebut dirinya sebagai bagian dari Borneo Merdeka untuk menuntut me njadi negara sendiri dan berpisah dari Indonesia. 

Isu untuk berpisah dari Indonesia tersebut disinyalir muncul setelah peristiwa kerusuhan hebat antara suku Madura dan suku Dayak di Kalimantan. Hal ini bahkan sampai memicu perang saudara antar kedua suku tersebut. 

Kepulauan Widi, Halmahera Selatan Maluku Utara, dilelang di situs asing

Photo :
  • privateislandsonline.com

Sekelompok orang yang menyebut diriny Republik Maluku Selatan (RMS) menginginkan merdeka dari Indonesia tahun 1950. Adapun dibalik RMS sendiri adalah diprakarsai oleh mantan prajurit KNIL dan rakyat yang pro terhadap  Belanda. Beruntung, RMS ini berhasil ditumpas oleh pemerintah Indonesia dan Maluku tetap menjadi wilayah Indonesia. 

5. Aceh

Bendera Bulang Bintang Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Sejak tahun 1970-an, Gerakan Aceh Merdeka (GAM) selalu menuntut hak untuk merdeka dari Indonesia. GAM ini diprakarsai oleh seorang tokoh besar di Aceh yang bernama Hasan Dik Tiro untuk menginisiasi Aceh berdaulat menjadi negara sendiri. 

Selain memiliki hasrat untuk menjadi negara sendiri, isu ketimpangan pembangunan dan juga sektor kesehatan di sana menjadi salah satu alasan GAM ingin memisahkan diri dari Indonesia. Kini, GAM berhasil dibubarkan dan Aceh masih menjadi bagian dari Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya