Kota Padang Diterjang Banjir 

Proses evakuasi warga terjebak banjir di Padang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Padang – Kota Padang, Sumatera Barat diterjang banjir pada Kamis, 7 Maret 2024. Banjir itu dipicu meluapnya sejumlah aliran sungai dan tingginya curah hujan yang terjadi sejak sore tadi.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Informasi yang dihimpun, selain banjir, tingginya intensitas hujan mengakibatkan pohon tumbang dan longsor juga terjadi di sejumlah titik. Arus lalu lintas di sejumlah wilayah dilaporkan lumpuh total akibat peristiwa ini. Sementara itu, akses jalan di Lubuk Paraku yang sebelumnya tertimbun material longsor saat ini sudah bisa dilalui.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton mengatakan, tingginya curah hujan mengakibatkan jebolnya saluran air PT semen padang di Indarung dan merendam rumah warga serta fasilitas umum di Perumnas 2 Indarung.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Selain di Indarung, sejumlah titik di kota Padang juga terpantau terendam banjir. Warga di Kelurahan Tabing Bandar Gadang bahkan sudah melakukan upaya evakuasi mandiri," kata Hendri Zulviton, Kamis, 7 Maret 2024.

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Photo :
  • ANTARA/Aloysius Lewokeda.
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Selain itu, kata Hendri, wilayah yang terdampak banjir cukup parah juga terjadi di Rw 2 Kelurahan Banuaran Nan XX. Banjir di lokasi ini disebabkan luapan air sungai. 

"Untuk saat ini Tim Rescue BPBD bergabung bersama damkar sudah di lokasi melakukan proses evakuasi,"ujar Hendri

Terkait dengan seberapa parah dampak banjir kali ini serta taksiran kerugian materil, Hendri menyebut masih belum diketahui. Selain masih fokus melakukan proses evakuasi dan pembersihan sisa material pohon tumbang dan longsor, pihaknya juga sedang melakukan pendataan. Namun, ia memastikan, tidak ada korban jiwa yang timbul akibat peristiwa ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya