Mutasi Polri

Kapolda Jateng Alex Bambang Diganti

Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Inspektur Jenderal Polisi Alex Bambang Riatmodjo tak lagi menjabat Kapolda Jawa Tengah. Posisi Alex Bambang diganti Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang, Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri.

"Alex Bambang menjadi staf ahli Kapolri," kata Wakil kepala Divisi Humas Polri, Kombes Polisi I Ketut Untung Yoga Ana, Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Jumat 6 Agustus 2010.

Menurut Untung Yoga Ana, Edward akan menggantikan posisi Alex Bambang di Jawa Tengah. Kemudian, posisi Edward sebagai juru bicara Mabes Polri akan digantikan oleh Brigadir Jenderal Polisi Iskandar Hasan.

Edward mengatakan tidak ada keterkaitan mutasi ini dengan insiden 'intervensi' Alex Bambang dalam final Piala Indonesia. Keputusan itu sudah berdasarkan keputusan Kapolri yang tertuang dalam surat bernomor kep/479/VIII/2010 tanggal 5 Agustus 2010.

"Mutasi merupakan mutasi reguler dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi," kata Untung Yoga Ana. Selain Edward, sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah juga dimutasikan.

Mereka yang turut dimutasi yakni antara lain Kepala Divisi Pembinaan dan Hukum Inspektur Jenderal Polisi Badrodin Haiti digantikan oleh Brigadir Jenderal Polisi Drs Mudji Waluyo.

Polisi Sebut Kernet Bus Maut di Subang Bisa Saja Jadi Tersangka

Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Pratiknyo juga turut dimutasikan. Dia digantikan Inspektur Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Seperti diketahui, dalam laga final Piala Indonesia, Minggu 1 Agustus lalu, Alex Bambang melihat ada potensi kerusuhan dalam pertandingan antara Arema Malang dengan Sriwijaya FC.

Komandan Operasi Umum KKB Peni Pekei Ditangkap, Apa Perannya?

Alex bahkan meminta agar wasit Jimmy Napitupulu diganti. Karena Jimmy dinilai berat sebelah oleh para penonton. Alhasil, pertandingan babak kedua sempat tertunda hampir satu jam.

Tetapi, Alex Bambang menilai langkahnya itu untuk mengantisipasi terjadinya bentrokan. "Silakan dihujat, yang penting aman," kata Alex kepada VIVAnews.

Pengamanan Delegasi WWF Ke-10, Polisi Bagikan Brosur Rekayasa Lalu Lintas di Bali
Ilustrasi mobil polisi.

Misteri Seorang Pria Nekat Gorok Leher Sendiri di Tangerang

Pihak Polsek Teluk Naga, Polres Metro Tangerang Kota hingga kini masih melakukan penyelidikan mengenai kasus upaya percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang pria.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2024