Hari Raya Nyepi 2024, Pemprov Bali Matikan Layanan Data Seluler dan IPTV

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali – Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan data seluler dan Internet Protocol Television (IPTV) akan dimatikan pada saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946. Hari Raya Nyepi akan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana, Jumat, 8 Maret 2024. "Kebijakan ini merupakan kebijakan yang setiap tahunnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali guna mendukung pelaksanaan Hari Raya Nyepi untuk dapat berjalan dengan kondusif, aman dan nyaman," ujar Gede Pramana.

Keputusan ini diperkuat dengan adanya Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024  tentang Himbauan untuk Melaksanakan Seruan Bersama tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 Provinsi Bali Tahun 2024 tanggal 5 Maret 2024. 

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Serta Seruan Bersama Majelis-Majelis Agama dan Lembaga Sosial Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1946 tanggal 2 Februari 2024.

Tawur Kesanga Jelang Hari Raya Nyepi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Penonaktifan layanan data seluler dan IPTV ini akan dimulai pada Senin pagi hingga keesokan harinya. “Penyedia atau provider jasa seluler akan mematikan data seluler, IPTV dan seluruh penyedia jasa televisi termasuk radio tidak bersiaran atau mendistribusikan siaran dari hari Senin tanggal 11 Maret 2024 pukul 06.00 WITA sampai dengan hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 pukul 06.00 WITA,” ujarnya.

Sementara itu,  layanan pada objek vital seperti layanan rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BMKG, BPPD, Basarnas, bandara, pemadam kebakaran serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung, tetap beroperasi. 

Sementara itu terkait layanan telepon, sms dan fiber optik tetap dapat digunakan selama Hari Raya Nyepi guna memudahkan masyarakat jika pada saat Hari Raya Nyepi memerlukan layanan khususnya yang bersifat emergency. Hal ini dilakukan untuk menghindari atau menangkal hoax dan konten negatif.

"Saya berharap pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun ini dapat terlaksana dengan kondusif dan aman," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya