Pukul Berapa Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1445 H Digelar?

Ilustrasi bangunan masjid jelang bulan Ramadhan
Sumber :
  • pinterest

Jakarta – Pada hari ini, 10 Maret 2024, Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1445 H. Sidang Isbat akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Sidang Isbat ini akan diadakan secara hybrid, menggabungkan kegiatan daring dan luring. Lantas, pukul berapa Sidang Isbat hari ini akan digelar? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin

Photo :
  • Kemenag
PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam), Kamaruddin Amin, menyatakan bahwa sidang ini merupakan layanan keagamaan bagi masyarakat untuk memastikan pelaksanaan ibadah dengan pasti.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin yang dikutip dari laman Kemenag pada Minggu, 10 Maret 2024. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Penetapan Awal Ramadhan 1445 H ini akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri oleh duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan juga perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," katanya.

Pukul Berapa Sidang Isbat Digelar Hari Ini?

Ilustrasi sidang Isbat di Kementerian Agama.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, menjelaskan bahwa sidang akan terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H berdasarkan hasil hisab oleh Tim Kemenag, dimulai pukul 17.00 WIB dan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Tahap kedua adalah Sidang Isbat secara tertutup setelah Sholat Maghrib, di mana data hisab dan hasil rukyatul hilal akan dirujuk. Tahap ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya