Awal Ramadhan Berbeda-beda, MUI Minta Tak Dibesar-besarkan

Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk tidak membesar-besarkan perbedaan waktu awal puasa Ramadhan 1445 Hijriah (H).

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Pemerintah secara resmi menetapkan 1 Ramadhan 1445 H pada Selasa, 12 Maret 2024. Sementara itu, Muhammadiyah memutuskan puasa Ramadhan dimulai besok, Senin, 11 Maret 2024.

"Mari sama-sama saling menghormati perbedaan. Kita harus saling menghargai, menghormati, dan tidak membesar-besarkan masalah ini (perbedaan awal puasa Ramadhan)," ucap Jaidi dalam konferensi pers di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Maret 2024.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Pemantauan hilal.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jaidi lantas berpesan agar seluruh umat Islam untuk fokus menjaga ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan ibadah selama bulan Ramadhan.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Dan setelah pemilu ini marilah kita mengayunkan langkah bersama-sama membangun Indonesia menuju Indonesia Emas 2045," tandas dia.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas secara resmi mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah (H) jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Artinya, seluruh masyarakat Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa mulai lusa.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut karena tinggi hilal di Indonesia belum mencapai kriteria yang disepakati oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) yaitu 3 derajat dengan elongasi 6,4.

Petugas melihat hilal di Pantai Loang Baloq, Mataram

Photo :
  • Antara

"Oleh karena itu berdasarkan hisab posisi hilal di beberapa daerah di Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS baru serta ketiadaan laporan melihat hilal, sidang isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa, tanggal 12 Maret 2024 Masehi," kata dia dalam konferensi pers di Kantor Kemenag RI, Minggu, 10 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya