Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

Gibran mempersilahkan masyarakat umum utnuk memanfaatkan Wifi gratis di rumah dinas Loji Gandrung, Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyediakan Wifi gratis di rumah dinas wali kota. Loji Gandrung. Layanan Wifi gratis di bekas rumah dinas Jokowi saat menjadi Wali Kota itu terbuka untuk masyarakat umum selama bulan Ramadan.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Pantauan VIVA, 2 orang terlihat sedang duduk-duduk di kursi di teras Loji Gandrung. Mereka sedang sibuk memanfaatkan jaringan Wifi gratis dengan berselancar ke dunia maya menggunakan laptop maupun telepon pintar miliknya.

Masyarakat yang ingin mengakses Wifi gratis di rumah dinas Wali Kota Solo, itu terlebih dahulu mendatangi petugas keamanan yang jaga Loji Gandrung. Setelah itu mereka akan mendapatkan kertas yang bertuliskan akses nama Wifi serta kata kunci jaringan internet gratis. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Salah seorang warga yang memanfaatkan Wifi gratis di Loji Gandrung, Faizah, mengaku sangat senang adanya fasilitas Wifi gratis di rumah dinas wali kota. Pasalnya ia bisa menghemat pengeluaran untuk membeli pulsa data untuk mengakses internat.

“Sebelumnya saya sering beli pulsa data internet tetapi setelah kemarin melihat postingan di Instagram Pak Gibran tadi pagi langsung ke sini untuk memanfaatkan Wifi gratis di Loji Gandrung,” kata Faizah yang masih berstatus mahasiswa di perguruan tinggi negeri di Solo.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Ia sengaja datang ke Loji Gandrung memang untuk memanfaatkan jaringan Wifi gratis. Apalagi banyak tugas yang harus diselesaikan karena untuk tugas itu banyak yang menggunakan fasilitas internet. 

“Ya karena saya ingin mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Kebetulan di tugas perkuliahan itu memerlukan fasilitas yang harus diperoleh dari internet, contohnya seperti mencari referensi di internet, YouTube, Canva dan lainnya. Penggunaan dan fasilitasnya cukup baik,” ujar dia.

Sementara itu Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengatakan Wifi gratis di Loji Gandrung mulai dibuka untuk masyarakat umum sejak hari Rabu, 14 Maret 2024 kemarin. Menurut dia, pembukaan akses Wifi grtais di Loji Gandrung itu memang diperuntukkan untuk warga pada bulan Ramadan ini. Hanya saja jam operasional Wifi gratis itu dibatasi mulai pukul 07.00 hingga 19 WIB.

“Nggak ada ide apa-apa kok cuma internetnya bisa dipakai warga itu aja, Ia terbuka untuk umum, semua boleh. Saya kan tidak pernah memakai fasilitas rumah dinas, biar warga dipakai untuk warga untuk ngerjain tugas atau skripsi,” kata Gibran kepada wartawan di Kantor Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat, 15 maret 2024.

Selain Loji Gandrung, Gibran mengaku belum ada rencana untuk membuka layanan Wifi internet gratis di sejumlah tempat publik milik Pemerintah Kota Solo seperti halaman Balai Kota Solo. “Nanti-nanti (untuk Pendhapi Balai Kota Solo). Kita mau cari CSR lagi biar banyak titik lagi yang perlu Wifi gratis,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya