BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi di Merak hingga Pesisir Anyer

Arsip Foto. Gelombang tinggi menerjang bagian wilayah Teluk Labuan, Banten.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc/pri.

Merak – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang menyatakan potensi gelombang tinggi masih akan terjadi di wilayah Merak hingga pesisir Anyer, Banten, pada 2-3 hari ke depan. BMKG mengingatkan aktivitas penyeberangan dan masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

"Kemarin yang sudah ada laporan itu di Merak sama pesisir Selatan Anyer diperkirakan dua sampai tiga hari ke depan masih berpotensi gelombang tinggi," kata Ketua Pokja Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang, Tatang Rusmana, di Serang, Banten, Sabtu, 16 Maret 2024

Secara umum, kata Tatang, potensi gelombang laut tinggi yang terjadi di perairan Banten disebabkan hembusan angin kencang. Dalam kondisi cuaca tersebut, aktivitas lalu lintas penyeberangan dari arah Pelabuhan Merak- Bakauheni masih tetap bisa berjalan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Akan tetapi hal itu bergantung pada kebijakan dari pihak pelabuhan, apakah kapal yang ada di Pelabuhan bisa melakukan penyeberangan atau tidak dalam kondisi cuaca tersebut," katanya.

Tatang mengaku pihaknya hanya sebatas memberikan informasi terkait kondisi cuaca terkini kepada pihak pelabuhan. Agar dapat melakukan antisipasi sebelum melakukan penyeberangan.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Adapun terkait dengan bisa atau tidaknya melakukan penyeberangan, kebijakan tersebut ada pada pengelola pelabuhan, baik di BPTD, ASDP atau Syahbandar. 

"Bisa dilalui atau tidaknya, itu tergantung jenis kapal, dan kita hanya sebatas menginformasikan itu ke stakeholder di pelabuhan, tergantung kebijakannya seperti apa di pelabuhan," ujarnya

Tatang menyebut, kondisi di Pelabuhan Merak saat ini berada di kategori gelombang sedang dengan ketinggian ombak sekitar 1,25 - 2,5 meter.

"Gelombang tinggi diperkirakan terjadi di PPI. Binuangen, PP. Labuan, TPI Panimbang, Marina Tanjung Lesung, PP. Sumur dengan ketinggian ombak rata-rata sekitar 2,5-4 meter," katanya.

Tatang juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu update cuaca terkini dari kanal-kanal informasi BMKG sebelum melakukan aktivitas di luar rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya