Pelabuhan Merak jadi Titik Krusial Mudik 2024

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Menuju Pelabuhan Bakuheni
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Serang)

Cilegon – Selama arus mudik Lebaran 2024, Pelabuhan Merak menjadi titik krusial. Karena kondisi itulah, bakal dipantau secara terus menerus oleh pemerintah pusat. Pelabuhan yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry itu diingatkan pemerintah pusat, bisa melayani dengan baik pemudik di lintasan Selat Sunda. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Ini kita dahulukan, karena titik krusial ya di sini, di penyeberangan Merak Bakauheni ini," ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Dermaga Eksekutif Merak, Cilegon, Sabtu, 23 Maret 2024.

Dirjen Perhubungan Darat, Laut dan Udara telah melaporkan informasi serta prediksi terbaru mereka. Karenanya, Pelabuhan Merak dan Bakauheni Lampung menjadi pantauan pemerintah pusat untuk kelancaran arus mudik Idul Fitri 2024.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Terlebih, berdasarkan prediksi pemerintah, ada kenaikan 50 persen atau sekitar 193 juta masyarakat Indonesia yang akan pulang kampung ke arah Pulau Sumatera. Salah satu jalur yang dilintasi berada di Pelabuhan Merak.

"Kita akan memastikan beberapa visi rasionya tetap dipertahankan dibanding tahun lalu, kalau bisa lebih rendah. Sehingga harus ditambah fasilitas-fasilitas lainnya, sehingga kenaikan menyeberang tidak membuat visi rasio kita sangat kritis," terangnya.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, yang berdampingan dengan Pelabuhan Merak, bakal dijadikan lahan parkir kendaraan pemudik sebelum menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni. Nantinya akan dibuatkan pintu khusus untuk kendaraan masuk ke dalam Pelabuhan Merak.

Kemudian Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), dijadikan lokasi penyeberangan khusus kendaraan besar. Sehingga tidak mengganggu pemudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Namun pemeriksaan ketat bakal dilakukan, agar kendaraan yang menyeberang dari BBJ tidak over dimensi dan over load atau kelebihan beban.

"Karena ada lahan parkir di Indah Kiat, nanti ada pintu langsung ke dermaga Merak, sehingga fasilitas mereka yang akan menyeberang ke Bakauheni lewat Merak bisa diatasi," jelasnya.

Jika Pelabuhan Merak dan Ciwandan penuh, pemudik bakal ditampung terlebih dahulu di bufer zone yang bakal disiapkan. Sehingga masyarakat diminta bersabar dan mematuhi petunjuk petugas yang ada di lapangan.

"Kita pastikan yang punya tiket hari itu akan menyeberang dan kalau dia ditahan di bufer zone tertentu tidak disuruh balik, tapi menunggu karena Pelabuhan Merak masih sedang penuh dan nunggu sampai bisa diisi dengan penyeberangan yang baru," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya