Mudik Lebaran 2024, Ini Titik Kemacetan di Bandara Soetta

East flyover bandara soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Pengelola dan stake holder yang berada di Bandara Soekanor-Hatta, Tangerang, melakukan pemetaan titik kemacetan yang terjadi sebagai langkah antisipasi arus mudik lebaran 2024.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, untuk titik kemacetan di jalur menuju bandar udara, berada di area persimpangan pintu masuk Bandara Soetta.

"Jadi titik kemacetan sama sebagaimana peak hour terjadi setiap hari, kita selalu antisipasi di pintu masuk atau gate-nya bandara, karena disitu masih ada U-turn," katanya, Kamis, 28 Maret 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Situasi pergerakan penumpang di bandara soekarno-hatta, tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Alhasil, untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi saat arus mudik, pengelola bersama stake holder terkait akan menutup akses U-turn dan mengarahkan pengendara untuk melintas di east flyover yang akan difungsikan per 1 April 2024 mendatang.

"Nanti kita tutup U-turn nya dan hanya bisa mengarah ke hotel Suwarna saja. Untuk akses ke bandara, akan diarahkan ke east flyover. Memang agak melambung sedikit namun, harapannya bisa lebih lancar," ujarnya.

Titik kemacetan lainnya pun berada di area terminal. Dalam hal ini, Terminal 3 menjadi perhatian pengelola. Melalui Satlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta, pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi penumpukan di area tersebut.

Wakapolres Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Ronald Fredy Christian mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan bila terjadi antrean panjang hingga 100 meter. Yang nantinya, pengendara yang akan masuk ke area keberangkatan, akan diarahkan ke area kedatangan.

"Terminal 3 ini memang cukup padat. Makanya, kami akan terapkan rekayasa lalu lintas bila kemacetan sudah 100 meter. Nantinya, pengendara kami minta kerjasamanya, untuk yang menuju ke keberangkatan agar melakukan drop di area kedatangan dan penumpang yang turun bisa melanjutkan pakai lift atau eskalator," ujarnya.

Bukan hanya itu, pengendara juga diberikan waktu sekitar 20 menit untuk melakukan drop penumpang. "Nanti kalau sudah mendekati 20 menit petugas akan kasih imbauan untuk tidak terlalu lama, apalagi kalau sudah terjadi antrean," katanya.

Diketahui, pada periode mudik lebaran 2024 ini, sekitar 6.000 petugas gabungan akan diterjunkan untuk mengamankan arus lintasan pemudik di Bandara Soetta, Tangerang.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%



Bandara internasional Supadio Pontianak, Kalbar.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan Bandara Supadio Pontianak tidak lagi melayani penerbangan Internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024