Listrik Hanya Menyala 2 Jam Sehari di Sofifi

Benteng Kayu Merah (dibangun 1510 oleh Portugis) di Ternate, Maluku Utara
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Ibukota Provinsi Maluku Utara, Sofifi, yang baru saja diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 3 Agustus 2010 lalu terkendala pasokan listrik.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang mengunjungi Sofifi menemukan listrik hanya menyala dua jam perhari. Hal itu mengemuka saat Anggota Komisi VII DPR Ismayatun, Bobby Adhityo Rizaldi, dan M. Idris Luthfi meninjau ibukota provinsi yang terletak di pulau Halmahera tersebut.

Peninjauan dilakukan di sela-sela acara Kunjungan Kerja Komisi VII ke Provinsi Maluku Utara. “Kantor-kantor pemerintahan dan DPRD bagus tapi tidak ada listrik. Listrik hanya menyala pukul 14.00 sampai pukul 16.00 setiap harinya, padahal menurut informasi PT. Aneka Tambang, Tbk. dan PT. Nusa Halmahera Minerals sudah menyumbangkan gensetnya kepada PT PLN,” ujar Anggota Komisi VII DPR, Ismayatun, seperti dilansir laman DPR, Selasa 10 Agustus 2010.

Saat pertemuan dengan PT. PLN, Anggota Komisi VII DPR, Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, pada tahun 2009 masyarakat Ternate kekurangan air karena pompa air mati akibat tidak ada aliran listrik.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

“Saya sangat sedih dengan kondisi Sofifi ibukota provinsi Maluku Utara yang baru. Negeri yang kaya tapi ibukotanya gelap gulita,” kata kepala Dinas Pertambangan Prov. Maluku Utara, JR Pattiwael.

Pattiwael menjelaskan, PT Antam memberi bantuan genset berkapasitas 3 MW senilai Rp18 miliar, sementara PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) membeli mesin di Jepang dengan kapasitas 1,5 MW. Stasiun untuk tangki solar pun sudah disiapkan oleh PT. NHM.

Pattiwael menambahkan proyek Geothermal di Jailolo dengan kapasitas 2 x 10 MW masuk dalam program percepatan 2010. Saat ini masih terkendala izin dari pihak Kementerian Kehutanan. Proyek ini direncanakan beroperasi tahun 2014. Potensi panas bumi di Jailolo 85 MW dan di Songa Halmahera Selatan 185MW.

Direktur Operasi Indonesia Bagian Timur PT PLN, Pitner Sinaga, mengatakan, untuk Indonesia Timur pemadaman bergilir sudah diselesaikan di 83 lokasi sejak 30 Juni 2010.  Di Provinsi Maluku dan Maluku Utara mesinnya banyak rusak.

“Khusus untuk Ibukota Sofifi pada tahun 2012 akan dipasok PLTU dengan kapasitas 2 x 3 MW disamping pasokan 3 MW dari PT. Antam dan 1,5 MW dari PT. NHM. Jaringan kabel laut Ternate - Tidore mulai berfungsi pada Desember 2010,” ujar Pitner Sinaga menambah.

Ketua Komisi VII DPR RI, Teuku Riefky Harsha mengatakan pengembangan sektor kelistrikan mesti berbasis regional melalui optimalisasi potensi sumber energi di masing-masing regional, dengan semangat penguatan otonomi daerah. Komisi VII akan mendorong PT.PLN untuk mengoptimalkan semua potensi energi yang tersedia.

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024