5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Ketika membicarakan kekuatan militer suatu negara, salah satu indikator yang sering dipertimbangkan adalah jumlah tentara aktif yang dimiliki.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dengan kehadiran tentara yang kuat, suatu negara dapat mempertahankan kedaulatannya, menjaga keamanan dalam negeri, dan terlibat dalam berbagai operasi militer di tingkat nasional dan internasional.

Meskipun lima negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Dankormar Lantik 504 prajurit baru Marinir

Photo :
  • Dispen Kormar

Kemampuan teknologi militer, pelatihan personel, strategi pertahanan, dan dukungan internasional juga memainkan peran penting dalam menentukan kemampuan suatu negara dalam menjaga kedaulatannya dan berkontribusi dalam perdamaian dunia.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, Senin 1 April 2024, berikut adalah lima negara dengan jumlah tentara aktif terbanyak di dunia, yang menjadi bagian dari landasan pertahanan dan keamanan global.

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Photo :
  • scmp.com

Sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, tidak mengherankan jika China juga memiliki jumlah tentara aktif terbanyak. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) adalah kekuatan militer terbesar di Asia dan salah satu yang terbesar di dunia. Diperkirakan bahwa China memiliki lebih dari dua juta tentara aktif, yang dilengkapi dengan teknologi militer canggih dan anggaran pertahanan yang besar.

2. India

VIVA Militer: Prajurit Kostrad dan Spesial Force India Army latihan militer

Photo :
  • Penkostrad

India, sebagai negara demokrasi terbesar di dunia, juga memiliki kekuatan militer yang signifikan. Angkatan Bersenjata India terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, dengan total lebih dari 1,4 juta personel aktif. India terus mengembangkan kemampuan militernya, termasuk dalam hal teknologi pertahanan dan strategi militer.

VIVA Militer: Prajurit Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces)

Photo :
  • chinadailyhk.com

Sebagai negara adidaya global, Amerika Serikat memiliki kekuatan militer yang sangat besar dan canggih. Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (U.S. Armed Forces) terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Korps Marinir, Angkatan Udara, dan Angkatan Luar Angkasa, dengan total lebih dari 1,3 juta personel aktif. AS memiliki basis militer di seluruh dunia dan terlibat dalam berbagai operasi militer, baik dalam konflik langsung maupun operasi perdamaian.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • aljazeera.com

Korea Utara sering kali menjadi pusat perhatian internasional karena ketegangan politik dan konflik di Semenanjung Korea. Negara ini memiliki salah satu tentara terbesar di dunia relatif terhadap ukuran populasi dan luas wilayahnya. Diperkirakan Korea Utara memiliki lebih dari satu juta tentara aktif, dengan fokus yang kuat pada pertahanan nasional dan pengembangan senjata nuklir.

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia

Photo :
  • Website Bangkok Post

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki tantangan unik dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayahnya. Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi kekuatan militer terbesar di Asia Tenggara, dengan total lebih dari 500.000 personel aktif. TNI terlibat dalam berbagai operasi pertahanan dan penanggulangan bencana di dalam negeri, serta berkontribusi dalam misi perdamaian PBB di luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya