Ketika Ratusan Pemotor Mudik Numpang Kapal Perang

Ratusan pemotor mudik dengan Kapal Perang KRI Banda Aceh
Sumber :
  • VIVA | Zainal Azhari (tvOne)

Surabaya – Berbagai cara dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya terutama pemudik dengan kendaraan roda dua. TNI Angkatan Laut pun menggelar mudik bareng buat warga pemotor dengan menumpang Kapal Perang KRI Banda Aceh dari Jakarta-Semarang dengan tujuan akhir Kota Surabaya.

TNI Jelaskan Dasar Polisi Militer Jaga Kejaksaan Agung

Para pemudik motor ini tiba di Surabaya, Minggu 7 April 2024. Mereka mengaku senang mendapat pengalaman pertama mudik naik motor dan numpang kapal perang. Bikin mudik lebih aman dan nyaman. Kedatangan para pemudik ini disambut langsung jajaran TNI Angkatan Laut Lantamal Lima Surabaya.

Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, Komandan Pangkalan Utama TNI Al (Danlantamal) V Surabaya mengatakan, gelaran mudik gratis itu merupakan upaya dari TNI AL dalam berpartisipasi membantu masyarakat yang hendak pulang kampung jelang Lebaran Idul Fitri.

Kodam Cenderawasih: OPM Sebar Hoax TNI Usir Pasien dan Tutup RSUD Paniai

“Program mudik gratis naik kapal perang ini ditujukan bagi masyarakat yang belum memiliki tiket mudik,” katanya kepada awak media seusai menyambut para pemudik turun dari kapal perang.

Ratusan pemotor mudik dengan Kapal Perang KRI Banda Aceh

Photo :
  • VIVA | Zainal Azhari (tvOne)
Puspom TNI Tingkatkan Penjagaan di Kejagung Usai Jampidsus Diduga Dikuntit Densus 88

Ia mengatakan, ada tiga tujuan dalam mudik gratis menggunakan kapal TNI AL tersebut. Pertama, untuk memudahkan masyarakat yang mencari moda transportasi dan tiket untuk perjalanan mudik.

“Karena kalau kita ketahui di masa Lebaran untuk mencari tiket bus, kereta, saya yakin akan sulit. Sehingga, kita memudahkan mereka untuk mencari moda angkutan,” katanya.

Kedua, untuk membantu keamanan. Mengingat, perjalanan dari Jakarta ke Surabaya jika ditempuh menggunakan sepeda motor akan lelah, sehingga membahayakan para pemudik. “Untuk memastikan, hal-hal yang tidak diinginkan, tidak terjadi,” ujarnya.

Ketiga, untuk membantu mengurangi kemacetan, karena para pemudik tersebut tidak turun ke jalan menggunakan kendaraan.

Seperti diketahui, para pemudik itu diberangkatkan naik Kapal Perang pada Jumat 5 April 2024 lalu di Jakarta. Total penumpang dari Jakarta ada 1.026 orang dan 276 unit motor. Sebagian turun di Semarang, dan 350 sisanya turun di Surabaya.

Dalam mudik gratis tersebut, TNI AL bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, Baznas dan sejumlah bank.

“Selain mudik dengan Kapal Laut ini, para pemudik juga bisa kembali lagi ke Jakarta tanggal 15 April 2024 dengan kapal KRI Banda Aceh, tentunya wajib registrasi ulang, bisa offline dan online “ tandasnya.

Laporan: Zainal Azhari | tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya