Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni melepas mudik gratis
Sumber :
  • Istimewa

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melepas keberangkatan 620 penumpang yang mengikuti program Gerakan Mudik Gratis Serentak se-Sumsel (GMGSS) menggunakan moda transportasi bus. Kegiatan ini berlangsung di Terminal Alang-alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, 6 April 2024.

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menyiapkan 17 armada bus yang digunakan untuk program mudik gratis. Dalam kesempatan ini, Fatoni meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama perjalanan mudik agar selamat sampai tujuan.

"Selamat mudik, jangan lupa jaga kesehatan. Selamat bertemu sanak saudara di kampung halaman, juga selamat berlebaran,” kata Fatoni.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Mudik gratis

Photo :
  • Istimewa

Terselenggaranya program mudik gratis ini tak lepas berkat kolaborasi dan dukungan dari sejumlah pihak, di antaranya BUMN/BUMD juga perusahaan swasta. Program mudik gratis ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Pemprov Sumsel.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Ada 17 unit bus yang diberangkatkan. Tadi sudah kita lepas 1.040 penumpang kereta api. Ini kita siapkan bus yang nyaman dan ber-AC bagi penumpang. Saya lihat juga para penumpang sudah mempersiapkan diri dengan baik,” ucap Fatoni.

Fatoni menyebut pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Dinas Perhubungan baik internal Sumsel maupun Pemprov Lampung dan Jambi. Ini dilakukan guna mengatasi sejumlah titik yang dinilai rawan kemacetan.

"Inilah pentingnya sinergi dan koordinasi, baik dengan TNI/Polri dan Perhubungan. Terus kita lakukan dan upayakan untuk mengantisipasi dan mencegah kemacetan yang timbul akibat arus mudik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel Ari Narsa mengatakan program mudik gratis dilakukan guna memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan angkutan mudik lebaran, mengurangi tingkat kecelakaan sepeda motor dan menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan lancar.

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Photo :
  • Istimewa

"Tahun ini untuk tujuan rute mudik bertambah sampai ke Surabaya, di antaranya Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) 10 armada selebihnya adalah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Kemudian seluruh penumpang ini diasuransikan dari Jasa Raharja,” ujarnya.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni secara simbolis menyerahkan bingkisan kepada penumpang dan perwakilan pengemudi bus. Pelepasan pemberangkatan bus ditandai dengan pengibaran bendera pemberangkatan  oleh Pj Gubernur didampingi Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumsel Denny Michels Adlan dan dari Kepolisian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya