Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Lebaran Bersama-sama

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Ramadhan 1445 H
Sumber :
  • Kemenag

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024 besok. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Hal tersebut diketahui usai Kemenag RI mengumumkan melalui hasil sidang isbat yang digelar pada Selasa 9 April 2024 sore.

"Disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024. Masyarakat Bisa rayakan Lebaran secara bersama-sama," ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut di Jakarta Pusat, Selasa 9 April.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Gus Yaqut menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal 1445 H itu sudah dilihat melalui sejumlah titik hilal di sejumlah wilayah Indonesia.

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Photo :
  • Istimewa
Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat memprediksi bahwa Hari raya Idul Fitri 1445 H atau Hari Raya Lebaran Tahun 2024 akan jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Ia menyebut bahwa prediksi itu merujuk pada kriteria hilal yang disepakati Menteri Agama Brunnei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

"Yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi sebesar 4 derajat. Jadi diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idul Fitri pada esok tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah," ujar Saiful kepada wartawan, Selasa 9 April 2024.

KUA untuk Nikah Semua Agama, Menag Yaqut Optimis Dapat Dukungan Banyak Orang

Photo :
  • Menag Yaqut Cholilqoumas (foto : Oji)

Saiful memastikan jika Satu Syawal jatuh pada Rabu besok, pemerintah sudah menyiapkan penyelenggaraan Salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Terkait dengan kegiatan besok, jika ini memang jatuh pada satu Syawal besok kita sudah mempersiapkan penyelenggaraan salat ied di Masjid Istiqlal," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya