Anggota DPR Puji Pemerintah Antisipasi Macet Parah Sepanjang Arus Mudik 2024

Politikus Gerindra Andre Rosiade
Sumber :
  • tvOne

Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengapresiasi kinerja jajaran Jasa Marga, Korlantas, dan Kemenhub dalam mengantisipasi kemacetan parah selama arus mudik Lebaran 2024

Polisi Ungkap Bukan Cuma 8 Mobil yang Palsukan Pelat DPR

Andre menyebutkan, stakeholder terkait itu berhasil memberi rasa nyaman kepada para pemudik. "Alhamdulillah sangat sukses kita bisa lihat tidak ada kemacetan yang berarti dalam antisipasi Jasa Marga, Kakorlantas dan Kementerian Perhubungan dalam mengantisipasi arus mudik," kata Andre dalam keterangannya, Minggu, 14 April 2024. 

Andre menilai para stakeholder telah bekerja keras membuat arus mudik lancar. Ia bahkan menyambut baik hasil persentasi baik dari Jasa Marga, Korlantas, dan Kemenhub dalam mengantisipasi arus balik.

Sudaryono-Taj Yasin Beri Isyarat Maju Bareng di Pilgub Jateng

(FOTO ILUSTRASI) Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Photo :
  • ANTARA/HO - Jasa Marga

Salah satu upaya pemerintah yang dipuji Andre adalah menyiapkan jalur contra flow bagi pemudik yang balik.

DPR Ingatkan Polri Jangan Tutup-tutupi Orang Tertentu dalam Kasus Vina Cirebon

"Yang pertama, bagaimana Jasa Marga menyiapkan yang namanya jalur contra flow, akan ada jalur contra flow yang akan dibuka mulai siang ini, contra flow itu disiapkan oleh Jasa Marga sampai bisa tiga jalur," ujarnya.

Kedua, lanjut Andre, Jasa Marga juga sudah menyiapkan kelengkapan contra flow di mana setiap 5 km terdapat safety car dari kepolisian untuk mengingatkan pemudik untuk berhati-hati dan jangan sampai mengantuk.

Di sisi lain, ia juga mengimbau kepada para pemudik agar betul-betul menyiapkan diri untuk arus balik. Terpenting, pemudik yang melalui contra flow diharapkan pemudik dalam keadaan fit. 

"Yang kedua pemudik diharapkan betul-betul mengikuti aturan dan rambu-rambu. Serta ketiga tentu harapan kami pemudik yang mengikuti contra flow harus mengikuti imbauan dari aparat dan petugas. Ini sangat penting untuk mengantisipasi kecelakaan," ujarnya.

Selain situ, Andre mengapresiasi langkah Jasa Marga yang memberikan diskon 20 persen bagi para pemudik yang pulang pada 17-19 April 2024. Menurut Andre, kebijakan ini sebagai solusi untuk mencegah kemacetan yang luar biasa saat arus balik.

"Untuk apa itu dilakukan Jasa Marga? Untuk mengurai kemacetan untuk mengurai beban dari arus balik puncaknya tanggal 15 ini. Itu menurut saya (patut) kita apresiasi, kita hargai langkah Jasa Marga ini, ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Jasa Marga. Meskipun saya tahu 20 persen itu angkanya Rp84 ribu ya Pak per mobil, kurangnya penghasilan Jasa Marga. Tapi ini langkah yang perlu kita apresiasi oleh direksi Jasa Marga," kata Andre.

Andre juga mendukung permintaan beberapa pihak seperti Menteri Perhubungan, Kakorlantas, Kapolri, hingga Menko PMK yang mendorong agar kantor-kantor melakukan Work From Home (WFH) atau bekerja dari luar kantor selama puncak arus balik Lebaran 2024.

"Mudah-mudahan kita harapkan permintaan pemerintah melalui Menko PMK, Kemenhub, Kakorlantas dan pihak Mabes Polri, imbauan ini bisa terlaksana. Supaya apa, sekali lagi supaya kita menghindari kemacetan yang luar biasa di tanggal 15 besok. Dalam dua hari ke depan tanggal 14 dan 15," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya