Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, kedatangan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook ke Indonesia tidak lain untuk menawarkan investasi di Tanah Air. Budi bahkan berjanji membawa petinggi perusahaan teknologi lainnya untuk berkunjung ke Indonesia.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan. Abis Apple, akhir bulan Satya Nadella, Microsoft. Semua big player IT dunia ada di Indonesia. Ini mencakup industrinya juga," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

"Kita usahakan Jensen Huang NVidia juga ikut ke sini. Semua 'big player' IT dunia ada di Indonesia. Ini mencakup industrinya juga," kata Budi Arie.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Photo :
  • Dok Projo

Budi Arie menjelaskan bahwa pemerintah juga mengupayakan kedatangan CEO Nvidia agar Indonesia menjadi salah satu rantai pasok teknologi dengan kunjungan berbagai perusahaan teknologi raksasa dunia itu. Bahkan, ke depan, bukan tidak mungkin mereka akan berinvestasi di Indonesia. " Semua big player IT dunia ada di Indonesia. Ini mencakup industrinya juga," ujarnya

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Budi menuturkan, dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan bos Apple Tim Cook hari ini, salah satunya membahas tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Apple menginginkan, Indonesia menjadi bagian dari penyalur teknologi dunia.

"Pasti dong ini urusan Menperin, TKDN sama Apple," kata Budi.

Kendati demikian, Budi mengatakan terbuka kemungkinan Apple membuat pabrik di Indonesia. Namun, itu masih dalam pembahasan. "Oh nanti kalau pabrik, itu juga (dalam pembahasan investasi)," kata Budi.

Apple Diminta Jokowi Bangun Pabrik di RI

Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya agar Apple bisa membangun pabriknya di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Tim Cook usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

Bos Apple Tim Cook (Tengah).

Photo :
  • Antara.

"Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur di negara ini, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan," kata Tim Cook saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta 

Tim Cook mengatakan Apple memang telah berinvestasi di Indonesia dalam bentuk pengembangan talenta digital di Indonesia lewat Apple Academy yang saat ini sudah dibuka di empat lokasi, yakni BSD, Surabaya dan Batam, serta yang baru dibuka berlokasi di Bali.

Menurut Cook, pihak Apple sangat antusias dengan perluasan talenta digital di Indonesia lewat Apple Academy yang tengah dilakukan saat ini.

"Kami tidak sabar melihat bagaimana tiga akademi sebelumnya telah berprestasi, lulus ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk App Store yang menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi, kami sangat antusias," ujarnya

Saat ditanya lebih lanjut soal keyakinannya berinvestasi di Indonesia, Cook menyatakan percaya Indonesia merupakan tempat yang baik untuk berinvestasi.

"Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya