Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Warga di Brebes Jawa Tengah menggadaikan kembali emasnya usai lebaran
Sumber :
  • tvOne/Tri Handoko

Brebes – Kantor pegadaian di Brebes, Jawa Tengah, ramai didatangi warga untuk menggadaikan perhiasan emas, setelah digunakan untuk perayaan lebaran yang lalu.   

Harga Emas Hari Ini 24 Mei 2024: Global Naik Tipis, Antam Longsor!

Seperti yang dilakukan Yanti (40), warga kelurahan Pasarbatang, Brebes, yang mengaku mendatangi Kantor Pegadaian Brebes, untuk menggadaikan perhiasan emas miliknya yang telah dipakai saat perayaan Idul Fitri kemarin.

Perhiasan emas yang digadai berupa kalung, gelang dan cincin. Sebelum lebaran lalu pas saat bulan puasa, sebenernya baru ditebus dari pegadaian.

Momen Majikan Arab Datang ke Pernikahan ART di Jateng, Dia Ngomong Warga Bilang Amin

"Perhiasan emas itu dari kalung, gelang dan cincin dipakai saya dan anak-anak untuk nyadran (silahturahmi) ke saudara maupun kerabat pas hari lebaran,' kata Yanti, Kamis, 18 April 2024

Warga di Brebes Jawa Tengah menggadaikan kembali emasnya usai lebaran

Photo :
  • tvOne/Tri Handoko
Harga Emas Hari Ini 22 Mei 2024: Global Stabil Tinggi, Antam Turun Tipis

Setelah lebaran barang perhiasan miliknya, kembali digadaikan untuk keperluan kebutuhan lainnya, seperti modal berdagang. "Maklum mas, uang modal dagangan saya habis, jadi ini digadai lagi, untuk modal dagangan pakaian," ungkap Yanti.

Sementara pimpinan Cabang Pegadaian Brebes, Tom Sutoro menjelaskan, bahwa sejak dibukanya pelayanan di kantor pegadaian, Senin, 15 April 2024 lalu, seluruh pegadaian yang ada di Brebes, ramai didatangi warga untuk menggadaikan perhiasan emas miliknya.

Mereka rata-rata, menggadaikan emasnya kembali untuk kebutuhan hidup dan modal usahanya. Rata-rata yang menggadaikan barang khususnya perhiasan emas, sebelum pada bulan puasa lalu telah menebus gadainya.

"Menjelang lebaran, mayoritas konsumen menebus perhiasan emas untuk dipakai pada lebaran. Namun, setelah lebaran justru kebalik mereka kembali datang untuk menggadaikan lagi perhiasan emasnya," ungkap Tom Sutoro.

Perhiasan emas di toko

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menurutnya, pasca lebaran sepertinya sudah seperti tradisi bagi masyarakat Brebes, khususnya masyarakat pesisir di Brebes, menggadaikan barang miliknya, yang mayoritas barang jaminan yang digadaikan 95 persen adalah perhiasan emas. Sementara yang barang gadaian lainnya 5 persen adalah barang gudang.

Tom menambahkan setiap hari mencapai 400 orang yang menggadaikan barang. Sebelumnya, hanya pada hari normal, hanya pada kisaran 100 per hari.

"Diperkirakan banyak warga yang akan menggadai perhiasan emasnya hingga dua pekan setelah lebaran," ungkapnya

Laporan: Tri Handoko/tvOne Brebes

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya