Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Penyair Joko Pinurbo, penerima Penghargaan Achmad Bakrie XIX
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Yogyakarta Penyair Joko Pinurbo meninggal dunia, Sabtu 27 April 2024 pagi. Joko Pinurbo meninggal dunia di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Lee Do Hyun Menangkan Penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards 2024

Kabar meninggalnya Joko Pinurbo ini dibenarkan oleh Budayawan Butet Kartaredjasa. Butet mengatakan dirinya mendapatkan kabar jika pria yang akrab disapa dengan nama Jokpin ini meninggal dunia pada Sabtu pagi di RS Panti Rapih Yogyakarta.

"Sakit paru-paru sejak 2023," ucap Butet.

Kim Soo Hyun dan Ahn Yu Jin Dapat 'Popularity Award' di Baeksang Arts Award 2024

Butet menerangkan dirinya terakhir kali bertemu Joko Pinurbo pada tanggal 27 Maret 2024 lalu. Butet saat itu menjenguk Joko Pinurbo yang sedang sakit di kediamannya.

Joko Pinurbo, Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XIX

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Terima Penghargaan Baeksang, Lee Do Hyun Disorakin Ucap Terima Kasih ke Lim Ji Yeon

"Saya dikasih lihat dengkulnya. Tangannya. Kalau saya datang, saya hibur dia untuk mengharapkan ada mukjizat. 'Jokpin aku teko arep ngancani nyengget mukjizat' (Jokpin, aku datang mau menemani mencari mukjizat)," ucap Butet.

Butet menceritakan dirinya sangat dekat dan akrab dengan Joko Pinurbo. Butet mengistilahkan hubungannya seperti Sedulur Sinorowedi atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan seperti saudara kandung.

"Sering curhat-curhatan karo aku (sama aku). Njobo njero aku ngerti kabeh (luar dalamnya Joko Pinurbo aku tahu semua)," urai Butet.

Joko Pinurbo, Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XIX

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Peraih penghargaan Achmad Bakrie ini meninggal dunia diusia ke 61. Joko Pinurbo istri Nurnaeni Amperawati Firmina dan dua anak Paskasius Wahyu Wibisono, Maria Azalea Anggraeni, Alexander Gilang Samudra Rajasa (menantu) dan dua cucu.

Menurut rencana jenazah Joko Pinurbo akan disemayamkan dipersemayaman Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKJ). Jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Pemakaman Demangan Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Minggu 28 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya