Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Sumber :
  • VIVA.co.id/

GarutGempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu malam, 27 April 2024. Guncangan gempa itu dilaporkan membuat 2 warga Kecamatan Pameungpeuk terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan gempa.

Gunung Ile Lewotolok Terjadi 94 Kali Gempa Embusan, Menurut Pos Pengamatan

Selain itu, dilaporkan bangunan Rumah Sakit Pameungpeuk dan sejumlah rumah warga di Kecamatan Cilawu Garut juga mengalami kerusakan.

Kepala Bidang SDM Satpol PP Garut Tubagus Agus Sofyan membenarkan adanya korban luka dan kerusakan beberapa bangunan akibat gempa. Dua warga Pameungpeuk yang mengalami luka di bagian kepala akibat tertimpa material rumah.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

“Yang luka ini salah satunya merupakan anak-anak dan satunya lagi dewasa. Saat ini sedang ditangani Puskesmas Pameungpeuk,” ujar Tubagus, Minggu 28 April 2024.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.
Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

Informasi sementara, gempa bumi juga memicu kerusakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk. Meski belum ada laporan secara resmi, akan tetapi foto dan video sudah diterima.

“Iya betul, Rumah Sakit Pameungpeuk alami kerusakan di beberapa bagian akibat gempa," ujar Tubagus.

Sementara, informasi lainnya imbas gempa bumi yang terjadi tengah malam tadi, sejumlah bangunan rumah di sekitar Dayeuh Manggung, Cilawu juga dilaporkan mengalami kerusakan. Adapun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut mamsih melakukan pendataan, dan belum berikan laporan resmi dampak gempa bumi 6,5 magnitudo yang sempat membuat warga panik berhamburan keluar rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya