Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Alumni Akademi Kepolisian 1996 berkumpul di Akpol
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1996/Wira Satya (WS) menggelar reuni dan halalbihalal di Komplek Akpol, Kota Semarang, Sabtu, 27 April 2024. Mereka yang saat ini tersebar di sejumlah tempat di Indonesia dengan berbagai penugasannya, bernostalgia di tempat mereka sebelumnya ditempa, puluhan tahun lalu.

Epy Kusnandar Ternyata Ditangkap Bersama Yogi Gamblez 'Serigala Terakhir'

Tak ada sekat di antara mereka. Meskipun di antaranya sudah pecah bintang alias menjadi jenderal berbagai tingkatan yang menempati posisi strategis. Pun, mereka yang juga saat ini menjabat posisi penting di sejumlah tempat.

Di antara Alumni Akpol WS alias 1996 saat ini sudah ada 3 yang berpangkat bintang 2 atau Irjen yaitu Irjen Pol Jhonny Edison Isir yang saat ini menjabat Kapolda Papua Barat, Johhny Isir adalah peraih Adhi Makayasa alias lulusan terbaik Akpol 1996, kemudian Irjen Pol Herry Heryawan alias Herrymen dan Irjen Pol Barito di BIN.

Epy Kusnandar Rayakan Ultah Sebelum Ditangkap Kasus Narkoba, Make A Wish Minta Kerjaan Baru

Alumni Akademi Kepolisian 1996 berkumpul di Akpol

Photo :
  • Istimewa

Selain itu sudah ada 22 orang berpangkat bintang 1 atau Brigadir Jenderal di berbagai posisi jabatan baik di dalam struktur maupun di luar struktur

Sepi Job Sampai Jual Gorengan, Epy Kusnandar Malah Ditangkap Kasus Narkoba

Mengenakan atasan warna biru dan celana jeans, kegiatan yang mereka lakukan di antaranya jalan kaki berkeliling Akpol hingga senam. Drum Corps Cendrawasih, kebanggaan Akpol tampak mengiringi mereka. Kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal yang juga dihadiri Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno Halomoan Siregar.

Mereka memberikan talih asih kepada mantan pengasuh WS yakni Yunus Suwondo, Suminto, Supriyanto dan Yusron Salidi. Mereka juga menghibahkan alat musik kepada Akpol.

Ketua Yayasan Bhakti Alumni Wira Satya Kombes Pol Budhi Herdi Susianto bersyukur acara tersebut bisa berjalan dengan baik. 

“Membaur bersama, tidak ada lagi saya lihat yang pangkatnya mohon izin Irjen (pol), Brigjen, yang pangkatnya Kombes, yang pangkatnya AKBP, semua Wira Satya dan berbaur bersama-sama,” kata Kombes Budhi. 

Dia menyebut sejak Jumat malam, alumni itu sudah berkumpul untuk kegiatan tersebut. Mereka bersemangat untuk bertemu kawan-kawan lama mereka. 

“Hari ini kita bernostalgia. Mudah-mudahan kekompakan ini terus bisa kita pelihara dan pertahankan, kita jaga sampai nanti, sesuai tagline kita Satu Hati Pangsiun Bahagia Bersama. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita di manapun berada,” sambungnya.

Tidak semua alumni bisa hadir pada kegiatan tersebut sebab urusan yang tidak bisa ditinggal. Salah satunya Kombes Pol Iqbal Alqudusy yang saat ini tengah menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci. Dia turut mendoakan kawan-kawannya dari Tanah Suci. Total ada 194 orang almnus Akpol 96 yang hadir dari total 275 orang. Mereka semua tersebar dari Aceh sampai Papua.

Gubernur Akpol Irjen Pol. Krisno Halomoan Siregar hadir di tengah-tengah mereka. Dia tampak senang melihat kekompakan Alumni Akpol 1996 itu.

“Saya baca literatur bahwa umur yang panjang itu salah satunya ketika kita memiliki komunitas yang sehat. Saya kira semua yang hadir di sini sepakat pertemuan seperti ini membuat kita umur panjang. (Semua tampak berbaur), tidak melihat apa jabatanmu, apa pangkatmu, tapi bercengkerama, senda gurau,” tandas Krisno yang merupakan Alumni Akpol 1991 itu.

Suasana Akademi Kepolisian. (Foto ilustrasi).

Photo :

Akpol 1996 sebelumnya tercatat kerap menggelar kegiatan sosial. Baik kepada sesama maupun keluarga alumni, juga ke masyarakat yang terdampak bencana alam hingga ke panti-panti asuhan.

Mereka juga tercatat membangun Wisma Wira Satya di Kompolek Akpol, mengibahkannya. Wisma 3 lantai itu diresmikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada Senin 26 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya