RI Upayakan Bebas 3 WNI Ditangkap Malaysia

Kapal patroli buatan SMKN 3 Buduran Sidoarjo
Sumber :
  • Siska Prestiwati | Surabaya Post

VIVAnews - Kementrian Luar Negeri tengah mengupayakan bebas tiga petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau yang ditangkap Marine Police Malaysia (MPM).

Menteri Luar Negeri Marti Natalegawa telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur dan Konsulat Jenderal RI di Johor Baru untuk menangani kasus tersebut.

Mereka akan mengupayakan akses kekonsuleran bagi tiga petugas yang tertangkap. "Dubes RI menyebutkan akses akan diberikan dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Juru Bicara Kementrian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, melalui pesan singkat kepada VIVAnews, Minggu, 15 Agustus 2010.
.
Tiga petugas itu ditangkap di perairan Tanjung Berakit, Bintan, sekitar pukul 22.00 waktu setempat, Jumat, 13 Agustus 2010. Mereka adalah Asriadi, Erwan, dan Selvogrevo. Mereka ditangkap ketika sedang melakukan patroli di area perbatasan Indonesia-Malaysia.

Penangkapan terjadi tidak lama setelah ketiganya menahan tujuh nelayan asal Malaysia yang melakukan aktivitas mencurigakan di kawasan perbatasan laut.

Selain upaya bebas, Kementrian Luar Negeri juga siap menyampaikan nota protes kepada Malaysia jika terbukti melanggar aturan perbatasan. Kementrian Luar Negeri masih menunggu data koordinat tempat peristiwa terjadi. (umi)

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK
Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024